Rutinitas keseharian di perkotaan cukup membuat stress berkepanjangan. Tak ada salahnya jika kita menyempatkan waktu untuk menghindari perkotaan sejenak. Salah satu caranya yaitu dengan mengunjungi Banyumas, salah satu kabupaten di Jawa Tengah.

Terkenal dengan berbagai tempat wisata, tak banyak yang tahu bahwa Kabupaten Banyumas juga memiliki tempat yang sangat eksotis yaitu Telaga Sunyi. Banyak yang bertanya, mengapa dinamakan telaga sunyi? Faktanya, telaga ini merupakan sebuah tempat yang hening dan sunyi. Dengan keadaan udara dan alam disekitarnya yang masih sangat segar dan alami. 

Telaga ini berada pada ketinggian sekitar 700 meter dpl dan terletak di tengah-tengah lebatnya damar dan pinus.

Jernihnya Air di Telaga Sunyi (© Eddy Fetus)
Jernihnya Air di Telaga Sunyi (© Eddy Fetus)

Dilansir dari Wisata Seni Budaya, lokasi wisata Telaga Sunyi berada kurang lebih dua kilometer dari Lokaswisata Baturaden. Detail alamat Telaga Sunyi adalah Limpakuwus, Sumbang, Banyumas Regency, Jawa Tengah 53183, Indonesia. Dapat dilihat dalam peta, perjalanan dari pusat kota ke lokasi wisata tidak memakan waktu lama jika dimulai dari kota purwokerto. Hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30-40 menitan saja.

Tak banyak yang tahu,Telaga Sunyi ini juga berada didekat Wisata Baturaden. Tepatnya, terletak sekitar 3 km dari timur Baturaden dan masih berada dalam wilayah hutan Baturaden.

Terdapat beberapa hal yang perlu di perhatikan jika ingin berenang di telaga sunyi. Demi keamanan, para pengunjung tidak diperbolehkan berenang di telaag ini jika cuaca sedang mendung atau hujan. DIsarankan juga untuk tidak berenang di bagian bawah telaga, dikarenakan arusnya yang sangat kencang dan berbahaya.

Selain peraturan, ada lagi beberapa mitos yang dipercayai oleh masyarakat sekitar tentang telaga ini. Salah satunya kita tidak boleh berkata kasar/kotor jika berkunjung ke telaga ini. Konon, jika kita berkata-kata tidak pantas di telaga ini, kita akan terdorong tiba-tiba ke dasar telaga. Lain lagi halnya dengan adanya mitos yang mengatakan bahwa jika ada pasangan muda yang berwisata ke telaga ini, mereka akan bertengkar dan pada akhirnya berpisah.

Tetapi terlepas dari semua mitos yang ada, tujuannya adalah agar kita bisa menghargai alam. Maka itu, Telaga Sunyi ini tetap dapat menjadi pilihan untuk menenangkan pikiran.

Sumber: Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan PariwisataWisata Seni Budaya | Lihat

Revisi:
- Mengubah pernyataan Banyumas adalah kabupaten di Purwokerto menjadi kabupaten di Jawa Tengah.

Ada 3 komentar

Ayo ikutan juga