Viralkan Youtube. Netizen Indonesia ramai-ramai menantang vlogger dunia mengulas Wonderful Indonesia.

Viralkan Youtube. Netizen Indonesia ramai-ramai menantang vlogger dunia mengulas Wonderful Indonesia.

Raja Lima, Nusa Penida Indonesia © Google

"Negeri ini butuh banyak pemuda pencari solusi, bukan pemuda pemaki-maki."

Kutipan Ridwan Kamil itulah yang mungkin telah menginspirasi netizen Indonesia.

Apa jadinya, jika warga dunia ditantang tuk mengulas video Wonderful Indonesia?

Ya. Itulah yang sedang hits dan menjadi viral di Youtube untuk saat ini. Netizen Indonesia ramai-ramai menantangan vlogger asing untuk melihat dan memberikan ulasan tentang video Wonderful Indonesia yang diunggal dari kanal Youtube Indonesia.Travel. Kanal Indonesia.Travel sendiri adalah kanal resmi Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Menurut pengamatan penulis, biasanya akan muncul minimal 1 video pariwisata baru dalam rentang waktu 3 bulan. Untuk saat ini jumlah total video yang telah diunggah oleh kanal Indonesia.Travel ada sekitar 79 video.

Lalu, bagaimana reaksi vlogger dunia melihat video Wonderful Indonesia?

"Ya Tuhan, ini video luar biasa indah! Di tempat saya Hawai, ada bayak sekali air terjun dan laut tapi menurut saya Indonesia lebih menarik karena ada banyak gunung yang disana. Terima kasih untuk kalian yang sudah meminta saya melihat video ini. Video yang sangat indah! Saya memerikan apresiasi kepada pembuatnya." ~ ujar vlogger dari bernama EAPFilmsOfficial yang memiliki lebih dari 25.000 orang penguikut.

"Wow. Saya rasa saya sudah jatuh cinta dengan Indonesia. Secara visual, ini adalah negara terindah yang pernah saya lihat! Ini gila! Saya akan ke pink beach suatu hari nanti. Saya yakin pasti kesana!" ujar vlogger bernama LezNation yang memiliki 9.400 orang pengikut dengan raut muka nampak berkaca-kaca.

"Saya ingin tinggal di negara seperti ini! Raja Ampat Papua, Wonderful Indonesia!" ujar vlogger bernama Anlei yang memiliki 8.300 orang pengikut dengan memberikan ulasan berbahasa latin.

"Yang saya tau Indonesia adalah negara kepulauan, hanya itu. Tidak jauh berbeda dengan negara saya, Jepang. Karena saya menyukai videografi dan fotografi, saya rasa saya harus membawa membawa drone, gopro dan peralatan kamera saya jika saya ke Indonesia. Gunung, laut dan pantai adalah tempat yang indah disana. Waaaw, saya pengen kesana!" ujar vlogger bernama All Things Japanese By Sashi yang memiliki 2.900 orang pengikut.

"Saya iri hati dengan orang-orang disana. Negeri yang sangat indah, bahkan mereka menyelam dan menemukan banyak sekali ikan. Video ini membuat saya ingin pergi kesana sekarang!" ujar vlogger India bernama Tanmay's Reactions yang memiliki 1.900 orang pengikut.

Nah, buat kalian yang masih penasaran sama ulasan mereka silahkan cek langsung youtube dengan cara memasukkan kata kunci "Reach Wonderful Indonesia" nanti akan muncul puluhan video Wonderful Indonesia yang telah diulasan oleh vlogger dunia. Namun jika diperhatikan, saat ini sudah mulai terjadi pergeseran. Banyak diantara mereka membuat video ulasan yang mengulas dan membandingkan video pariwisata Indonesia dengan negara lain. Indonesia, Malaysia dan Thailand adalah 3 negara yang kerapkali dijadikan bahan perbandingan. Hasilnya? Silahkan kalian cek sendiri bagaimana ulasan mereka. Ada yang menilai bahwa Indonesia lebih baik dari ketiganya. Ada juga yang menilai bahwa Thailand lebih baik. Begitu pula dengan Malaysia.

Kreatifitas tentu menjadi hal yang harus kita miliki untuk memenangkan kompetisi, dan youtube adalah salah satu media yang kerap kali digunakan oleh calon wisatawan untuk melihat secara visual destinasi tujuan wisata mereka. Semakin menarik video pariwisata yang dibuat tentu akan membuat orang penasaran dan datang ke suatu tempat.

Video pariwisata Thailand berjudul "I HATE THAILAND" tentu dapat dijadikan referensi tentang bagaimana cara membuat video yang out of the box dan mampu mengambil hati customer. Video ini sempat viral di tahun 2014 dengan jumlah viewer lebih dari 4.3 juta orang. Sungguh pencapaian yang luar biasa. Pemberian judul yang kontroversial, mampu membuat orang lain bertanya-tanya, "Kenapa ko benci sama Thailand? Thailand kan bagus?" Hasilnya? Video ini mampu menggerakkan penonton untuk membagikan video ini seluas-luasnya dan menjadi viral di internet. Sungguh ide yang sangat briliant!

Pembuatan sebuah video juga didasari pada tujuan dibuatnya video tersebut. Jika tujuan dibuatnya video adalah untuk komersil, seperti beriklan di televisi. Durasi tentu menjadi hal krusial yang perlu kita cermati. Tantangannya, "Bagaimana dengan durasi seminimal mungkin, pesan mampu tersampaikan dan mampu menggerakkan hati orang lain untuk menuruti apa yang kita mau." Video pariwisata Philippines berjudul Its More Fun in the Philippines (Palawan) ini bisa dijadikan referensi, dengan durasi hanya 30 detik kita akan terhipnotis dengan pesona keindahan Palawan, surga kecil di Filipina. Hasilnya? Audience akan berkata "Ok, book a ticket and go!" dan tujuan iklan itu pun tercapai.

"Karena kemenangan itu direncanakan. Maju serentak, tentu kita menang!" ~Arief Yahya

Selamat berkompetisi.


Sumber: Penulis

Pilih BanggaBangga75%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi25%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Pesepakbola Muda Indonesia yang Merumput di Luar Negeri Sebelummnya

Pesepakbola Muda Indonesia yang Merumput di Luar Negeri

Lepas Dari Gadget, Bank Indonesia Kenalkan Literasi Pada Anak Selanjutnya

Lepas Dari Gadget, Bank Indonesia Kenalkan Literasi Pada Anak

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.