Hebat! Tak Pernah Ada Perang Terbuka Antar-Sesama Negara ASEAN

Hebat! Tak Pernah Ada Perang Terbuka Antar-Sesama Negara ASEAN
info gambar utama

Nyatanya, selama 50 tahun menjalin kerjasama. Negara-negara di ASEAN tak pernah sama sekali terlibat saling perang terbuka. Hal ini merupakan sebuah pencapaian terbesar menurut Direktur Regional Asia Centre for Humanitarian Dialogue, Michael Vatikiotis.

Meskipun ketegangan sempat meningkat diantara beberapa negara seperti Indonesia dengan Malaysia, Kamboja dengan Thailand, dan Malaysia dengan Filipina, tetapi konflik tersebut bisa diselesaikan tanpa harus melalui perang.

"Hampir tidak ada wilayah lain di dunia yang dapat mencetak rekor seperti ASEAN," ujar Michael dalam diskusi "50 Years of ASEAN: Beyond Imagination" yang merupakan bagian program Festival Sastra ASEAN diselenggarakan di Kota Tua, Jakarta, Minggu.

"Nilai-nilai pluralisme perlu diperkuat karena keberagaman adalah keunggulan ASEAN. Selama ratusan tahun penduduk Asia Tenggara dari berbagai agama, etnis, dan identitas telah hidup bersama, saling berinteraksi, dan menghormati kebebasan satu sama lain," kata Michael.

"Indonesia selama ini memainkan peran penting dalam mempromosikan semangat persaudaraan itu, salah satunya saat membantu Myanmar menyelesaikan konflik berbasis agama di negara bagian Rakhine, beberapa waktu lalu".


Sumber: Tribun News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini