Tak Hanya Indonesia, Negara Ini Juga Merdeka Pada Tanggal 17 Agustus!

Tak Hanya Indonesia, Negara Ini Juga Merdeka Pada Tanggal 17 Agustus!
info gambar utama

17 Agustus tahun 1945 adalah hari kemerdekaan negara kita, Indonesia. Hari dimana Ir.H. Soekarno Presiden pertama RI memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia. Bulan Agustus tepatnya tanggal 17 menjadi momen penting bagi bangsa Indonesia. Banyak sekali agenda yang dibuat dalam rangka menyemarakkan hari kemerdekaan Indonesia.

Namun tak hanya negara Indonesia yang merdeka pada tanggal 17 Agustus, Republik Gabon, sebuah negara di Afrika bagian barat ini juga meraih kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus. Berbeda dengan Indonesia,jika Indonesia merdeka pada tahun 1945, Republik Gabon ini merdeka pada tahun 1960.

Persamaan Gabon dan Indonesia tak hanya pada hari kemerdekaanya, dua negara ini juga memiliki sistem pemerintahan yang sama yaitu sistem presidensial. Presiden pertama Gabon adalah Léon M'ba yang dipilih tahun 1961, dengan Omar Bongo Ondimba sebagai WaPres.

Negara yang memiliki luas wilayah yang hampir setara dengan dua kali luas Provinsi Kalimantan Tengah ini dikenal sebagai salah satu negara kaya di Afrika dikarenakan kandungan buminya yang melimpah. Gabon memiliki sumber daya alam seperti minyak bumi, magnesium, besi, uranium, dan hutan. Negara ini juga memiliki kekayaan mineral cukup banyak dengan jumlah penduduk yang relatif kecil.

Negara Gabon berpenduduk 1.221.175 jiwa (2001). Negara ini memiliki 3 agama utama yang dianut. Sekitar 73% penduduk, termasuk warga asing setidaknya mengamalkan beberapa unsur Kristen , 12% mengamalkan Islam (80-90% adalah orang asing), 10% hanya mempraktikkan kepercayaan asli tradisional, dan 5% penduduk tak beragama atau ateis.


Sumber: Wikipedia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini