Aktivitas Pramuka Universitas Airlangga dalam Peringatan Hari Pramuka Ke-56

Aktivitas Pramuka Universitas Airlangga dalam Peringatan Hari Pramuka Ke-56
info gambar utama

Pramuka merupakan kepanjangan dari Praja Muda Karana yang memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya. Pramuka diciptakan oleh seorang Letnan asal Inggris bernama Baden Powell. Pramuka masuk ke Indonesia dibawa oleh Belanda ketika masa penjajahan. Pada tanggal 14 Agustus 1961, Gerakan Pramuka diperkenalkan di seluruh Indonesia. Hal ini yang melatarbelakangi pemilihan tanggal 14 Agustus sebagai peringatan Hari Pramuka di Indonesia.

Pada momen peringatan Hari Pramuka tahun ini, Pramuka Universitas Airlangga memiliki agenda yang padat. Tradisi setiap tahunnya, malam sebelum tanggal 14 Agustus dilakukan Prosesi Ulang Janji. Acara meliputi penyampaian pesan terakhir Baden Powell, dilanjutkan dengan pembacaan Tri Satya dimana pemimpin upacara meraih ujung bendera merah putih di depannya kemudian disusul anggota lain dengan berpegangan pundak satu sama lain yang terhubung dalam barisan bershaf. Tujuannya adalah untuk mengingat kembali janji seorang pramuka agar terus dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari, mempererat hubungan antarsesama anggota pramuka, serta mengingat kembali pesan terakhir dari Baden Powell sebagai esensi dari pramuka itu sendiri. Prosesi Ulang Janji dipimpin oleh Kak Haryono Harimurti selaku Pembina Satuan Pandega Gudep 623, Pangkalan Universitas Airlangga. Acara ini diikuti oleh kurang lebih 30 orang yang tergabung dalam UKM Pramuka Universitas Airlangga. Prosesi Ulang Janji dilaksanakan di Kampus C Universitas Airlangga.

Prosesi Ulang Janji yang Dilakukan Pramuka Universitas Airlangga
info gambar

Tak sampai disitu, pada tanggal 14 Agustus, Pramuka Universitas Airlangga mendapat kesempatan untuk bertindak sebagai Pembawa Acara dan Penerima Undangan pada Apel Peringatan Hari Pramuka 2017 di Gedung Grahadi, Surabaya. Apel tersebut dihadiri oleh para pejabat pemerintahan, akademisi, serta jajaran aparatur negara. Turut hadir pula Pramuka Jawa Timur, Kakak Kwarcab dan Kakak Kwartir Jawa Timur.

Pramuka Universitas Airlangga Bertindak sebagai Petugas Apel Hari Pramuka ke-56 di Gedung Grahadi, Surabaya
info gambar

Selain dua acara diatas, untuk menyemarakkan Hari Pramuka tahun ini, Pramuka Universitas Airlangga pada tanggal 14 Agustus 2017 menggunakan seragam pramuka lengkap selama satu hari penuh baik ketika perkuliahan maupun ketika beraktivitas lainnya. Untuk menularkan euphoria Hari Pramuka, Pramuka Universitas Airlangga turut mengajak seluruh warga kampus dan masyarakat sekitar untuk foto bersama dan membagikan stiker pramuka. Peringatan Hari Pramuka 2017 oleh Pramuka Universitas Airlangga ditutup dengan tumpengan di Sekretariat UKM Pramuka sebagai bentuk rasa syukur. Menurut Nabria Intan, Anggota UKM Pramuka Universitas Airlangga, Refleksi dari peringatan Hari Pramuka 2017 yaitu memperkenalkan pramuka di tingkat Perguruan Tinggi khususnya dan masyarakat umumnya, bangga menjadi seorang pramuka, dan mewujudkan tagline Hari Pramuka tahun ini, “Bekerja untuk kaum muda, mewariskan yang terbaik untuk bangsa.”

Pramuka Universitas Airlangga di Depan Gedung FISIP, Universitas Airlangga
info gambar
Pramuka Universitas Airlangga di Depan Gedung Fakultas Keperawatan, Universitas Airlangga
info gambar
Pramuka Universitas Airlangga Mengajak Masyarakat Memperingati Hari Pramuka ke-56
info gambar

Tepuk Pramuka! Pramuka! Pramuka! Praja Muda Karana!

Selamat Hari Pramuka Ke-56!

Logo Hari Pramuka ke-56
info gambar

Sumber: dihimpun dari berbagai sumber

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini