Kota Ini Jadi Modern City Pertama di Indonesia

Kota Ini Jadi Modern City Pertama di Indonesia
info gambar utama
Jaringan fiber optik saat ini merupakan jaringan yang digunakan untuk menggunakan jaringan berteknologi lama untuk telekomunikasi yang masih berbasis kabel tembaga. Berkat fiber optik ini, kecepatan akses internet dan telekomunikasi akan meningkat pesat dan jarang terjadi gangguan. Oleh karena itu Telkom Indonesia sebagai perusahaan plat merah telekomunikasi Indonesia terus melakukan implementasi fiber optik diberbagai lokasi. Salah satunya di Sukabumi yang belum lama ini telah 100% menggunakan fiber optik dan dinobatkan sebagai Telkom Modern City pertama di Indonesia.

Sebagaimana dilansir Telkom Indonesia dalam laman resminya, Sukabumi secara resmi telah dinobatkan sebagai kota yang telah menggunakan fiber optik Telkom secara menyeluruh. Penobatan tersebut dilaksanakan di T-Cloud Sukabumi bersamaan dengan penonaktifan STO (Sentral Telepon Otomat) di Sukabumi dan 59 STO lainnya di seluruh Indonesia. Penonaktifan ini menandakan peralihan sistem jaringan di Indonesia dari tembaga menjadi serat optik.

Peluncuran Kota Sukabumi sebagai Telkom Modern City tersebut dilakukan oleh Direktur Network & IT Solution Telkom Zulhelfi Abidin dan Walikota Sukabumi Mohamad Muraz. Zulhelfi menjelakskan bahwa proses tercapainya modern city tersebut membutuhkan waktu tiga tahun. Dirinya juga mengucapkan rasa terima kasih Telkom Indonesia pada Pemerintah Kota Suka bumi yang mendukung terciptanya Modern City pertama di Indonesia.

"Telkom mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan dukungan Pemerintah Kota Sukabumi sehinggaModern citypertama di Indonesia ini terwujud,” katanya.

Peralihan dari jaringan tembaga ke kabel serat optik merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan oleh Telkom. Zuhelfi menjelaskan bahwa layanan berbasis fiber optik akan memberikan performa yang jauh lebih mumpuni dalam layanan Information and Communication Technology (ICT) yang terintegrasi seperti Internet of Things dan aplikasi lain yang mendukung implementasi smart city.

Saat ini kota Sukabumi juga merupakan salah satu kota di Indonesia yang berkomitmen untuk mengimplementasikan smart city. Dalam hal kesiapan infrastruktur, kota berpenduduk 300 ribu jiwa ini menempati peringkat 8 dari 25 kota yang menjadi proyek percontohan smart city di Indonesia.

Telkom sendiri memberikan dukungan dalam bentuk penyediaan jaringan internet untuk seluruh Satuan kerja Perangkat Daerah (SKPD) kota Sukabumi. Selain itu tidak kurang dari 15 puskesmas yang ada di Sukabumi telah menggunakan ePuskesmas yang terkoneksi dengan jaringan internet. Dalam hal keamanan, masyarakat juga bisa memantau CCTV Online milik Dinas Perhubungan Kota Sukabumi yang didukung jaringan dan server dari Telkom Indonesia.

Kemudian untuk pengembangan kualitas pengetahuan masyarakat kota Sukabumi, Telkom telah menyediakan Wi-fi corner agar masyarakat umum bisa dengan mudah mengakses internet. Beberapa titik yang telah tersedia antara lain ada di halaman Masjid Agung Sukabumi,

Kehadiran jajaran Pemerintah Kota Sukabumi pada pelucuran Telkom Modern City ini sejalan dengan komitmen Telkom untuk mendukung programsmart city. Saat ini Kota Sukabumi sedang menjalani pendampingan dari Kementrian Komunikasi dan Informatika untuk mengimplementasikan konsepsmart city.
Kota Sukabumi sendiri saat ini menempati peringkat 8 dari 25 kotapilot projectsmart citydalam hal kesiapan infrastruktur. Peran Telkom yang diwakili oleh Telkom Witel Sukabumi dalam penerapansmart cityKota Sukabumi diimplentasikan melalui dukungan penyediaan jaringan internet untuk seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kota Sukabumi sehingga seluruh SKPD saat ini telah memiliki aplikasi masing-masing.
Telkom juga mendukung tidak kurang dari 15 puskesmas yang ada di Kota Sukabumi dengan aplikasi E-Puskesmas beserta jaringan internetnya. Dukungan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Kota Sukabumi. Masyarakat juga dapat menikmati layanan pemantauan CCTV Online milik Dinas Perhubungan Kota Sukabumi dimana Telkom berperan menyediakan jaringan dan server-nya.
Kontribusi Telkom kepada masyarakat Kota Sukabumi juga diimplementasikan dalam bentuk penyediaan Wifi Corner dan Alun-alun digital agar masyarakat dapat dengan mudah mengakses internet dan melakukan berbagai kegiatan positif. Titik akses Wifi Corner antara lain berada di halaman Masjid Agung Sukabumi.
Sebagai Modern City, masyarakat Sukabumi akan semakin dekat dengan gaya hidup digital. Masyarakat akan bisa menikmati Internet of Things tidak hanya di tempat-tempat umum, tetapi juga di rumah sendiri. Sehingga meski di dalam rumah, produktivitas dan kreativitas akan warga Sukabumi tetap dapat tersalurkan.
Salah satu produktivitas yang dimaksud adalah dengan memberikan akses internet berkualitas pada Usaha Kecil Menengah ataupun industri. "Karena teknologi berbasis fiber optik ini mampu menyediakanbandwidthlebih besar dan meminimalisir resiko gangguan. Hal ini terbukti dari menurunnya keluhan pelanggan di Kota Sukabumi hingga 94% per harinya,” terang Zulhelfi.
Diharapkan, adanya fiber optik di Sukabumi akan mampu dimanfaatkan oleh banyak pihak untuk memajukan perekonomian di Kota Sukabumi. Selamat untuk Kota Sukabumi.


Sumber:

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini