Panen, Indonesia Sabet ASEAN Heritage Parks (AHP) ke-39 dan ke-40 Sekaligus!

Panen, Indonesia Sabet ASEAN Heritage Parks (AHP) ke-39 dan ke-40 Sekaligus!
info gambar utama

ASEANHeritage Parks (AHP) merupakan penghargaan bagi kawasan perlindungan terpilih di ASEAN pemilik fauna dan flora yang merepresentasikan Asia Tenggara. AHP merupakan penghargaan tertinggi terhadap suatu kawasan perlindungan atau konservasi dengan keberagaman hayati dan ekosistem yang indah. Pada Maret lalu, Taman Nasional Kepulauan Seribu ditetapkan menjadi AHP ke-39 dan Taman Nasional Wakatobi ditetapkan menjadi AHP ke-40 dalam pertemuan ke-27 ASEAN Working Group on Nature Conservation and Biodiversity (AWGNCB) yang berlangsung di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam.

Penetapan TNKS dan TNW Sebagai Warisan AHP
info gambar

Taman Nasional Kepulauan Seribu terletak di Kecamatan Kepulauan Seribu yang terdiri dari tiga pulau, yaitu Pulau Panggang, Pulau Kelapa, dan Pulau Harapan. Taman Nasional Kepulauan Seribu memiliki ekosistem dan gugusan pulau-pulau kecil serta memiliki perairan laut dangkal. Terdapat tiga ekosistem utama pembentuk sistem ekosistem Taman Nasional Kepulauan Seribu, yaitu hutan pantai, hutan mangrove, padang lamun dan terumbu karang.

Taman Nasional Kepulauan Seribu
info gambar

Taman Nasional Wakatobi terletak di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara yang terdiri dari empat pulau, yaitu Pulau Wangi-wangi, Pulau Kaledupa, Pulau Tomia, dan Pulau Binongko. Taman Nasional Wakatobi memiliki hampir seratus spesias ikan warna-warni dan beberapa jenis penyu. Kedalaman air di Taman Nasional Wakatobi bermacam-macam, bagian terdalam mencapai satu kilometer di bawah permukaan laut. Taman Nasional Wakatobi saat ini menjadi pusat penelitian bawah laut dunia.

Terumbu Karang Wakatobi
info gambar

Sumber: dihimpun dari berbagai sumber

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini