Indonesiaku Yang Indah, Indonesiaku Yang Tertib

Indonesiaku Yang Indah, Indonesiaku Yang Tertib
info gambar utama

Garuda terbang di alam gaib.

Sangat mempersona, bagi manusia.

Indonesia adalah tanah air kita yang dibanggakan oleh banyak orang. Kita dibanggakan oleh karena keindahan alam, tarian-tarian tradisional yang banyak dipentaskan, legenda-legenda yang telah diwariskan turun-temurun, makanan khas yang dinikmati seluruh bangsa, bangunan peninggalan yang dijadikan obyek wisata, banyak sekali yang bisa kita banggakan tentang negara yang kita cintai ini!

Jika kita buka Instagram, Twitter, Facebook, pasti akan ada yang mengaku bahwa Indonesia pantas dibanggakan. Hashtag-nya pun pasti yang keren seperti #indonesiatanahairku dan pasti diikuti dengan kutipan yang menginspirasikan generasi muda untuk membanggakan Indonesia. Tidak hanya masyarakat Indonesia saja yang membanggakan Indonesia, tapi orang luar negeri pun mengaku bahwa Indonesia memang negara yang indah. Temanku saja yang berasal dari Australia jatuh cinta dengan keindahan Indonesia!

Tapi kalau saya perhatikan, ada hal yang merusak gambaran negeri kita. Hal tersebut datang dari masyarakat Indonesia, yaitu kurang tertib!

Menurut saya, masyarakat Indonesia kurang tertib dalam banyak hal dan hal-hal tersebut adalah hal-hal yang sepele seperti mengantre.

Di sekolah, guru mengajar kami untuk mengantre. Tapi lihatlah! Dalam hitungan detik setelah keluar dari kelas, mereka sudah berebutan untuk membeli bakso di kantin.

Kenapa sih mereka tidak melakukan apa yang dinasihatkan guru? Malah saya yang ditertawakan karena saya mengantre.

Kejadian yang serupa juga terjadi saat saya menemani mama saya ke acara pernikahan tetangga. Saat kami sedang mengantre untuk bersalaman dengan pengantin, ada orang yang menerobos masuk antrean di depan kami.

Memangnya apa sih masalahnya kalau mengantre? Apa mereka sedang buru-buru karena hampir telat atau kelaparan?

Selain mengantre, hal yang menurutku perlu di perbaiki adalah merokok di sembarang tempat.

Saat saya diajak mamaku untuk makan siang di sebuah restoran setelah les piano, saya melihat ada orang yang merokok di depan bayinya sendiri.

Menurutku, ini sudah keterlaluan. Sudah tahu kalau merokok di dekat anak itu berbahaya, eh malah dilakukan. Jangan-jangan dia tidakb bisa membaca tulisan yang ada di bungkus rokok?

Kalau hal ini terus dilakukan, nanti anak itu akan terbiasa dengan rokok dan mungkin akan merokok di usia dini.

Di angkot, ketika saya dalam perjalanan menuju tempat les piano, supir angkot sedang merokok. Di sebelahnya, ada anak yang mungkin seusiaku. Saya sangat terkejut saat melihat anak itu juga merokok.

Mungkin anak itu dibiasakan dari kecil untuk mengenal hal yang disebut merokok.

Masalah ketertiban yang paling sering di lakukan orang-orang adalah membuang sampah sembarangan.

Di depan rumah saya, sering ditemukan tumpukan sampah yang kecil. Tidak hanya di rumah saya, tapi di rumah tetangga pun juga ada. Siapa sih yang tega membuang sampah di depan rumah orang?

Tak hanya di depan rumah, tapi di jalanan juga ada yang berani membuang sampah sembarangan. Saat kami sekeluarga sedang mengajak anjing kami untuk jalan-jalan, kami menemukan banyak sekali sampah di pinggir jalan. Di tempat yang ada tulisan ‘Dilarang Membuang Sampah Disini!’ atau ‘Dilarang Membuang Sampah Sembarangan!’ pun kami masih bisa menemukan tumpukan-tumpukan sampah.

Apakah mereka menyadari bahwa hal-hal yang dianggap sepele ini sebenarnya mengganggu orang lain?

Kalau kita tidak antre dengan benar, kita bisa membawa masalah dan masalah itu bisa jadi berakhir dengan pertengkaran!

Merokok sembarangan mengganggu kesehatan orang-orang yang di sekitar mereka!

Sampah yang kita buang sembarangan merusak alam tanah air kita yang telah kita banggakan!

Saya sangat kecewa mengetahui bahwa masyarakat Indonesia tidak tertib akan hal-hal sepele seperti ini. Kalau masyarakat negara asing yang maju saja bisa tertib, kenapa kita tidak?

Andai saja kita bisa mengantre dengan benar, pasti kita akan di ketahui sebagai masyarakat yang ramah.

Jika orang-orang merokok di tempat yang jauh dari orang lain, pasti mereka tidak akan mengganggu kesehatan orang lain.

Kalau kita membuang sampah di tempatnya, pasti alam negara kita akan lebih indah dan pasti akan menarik perhatian para wisatawan.

Impianku untuk Indonesia adalah agar masyarakat Indonesia bisa menjadi masyarakat yang tertib dan hidup dengan damai. Saya harap anda bisa membantu mewujudkan impianku ini.

Mari kita menjadi tertib.

Untuk banggakan tanah kita, Indonesia.

Nama : Theona Matawarita Ranimpi (Ryu)

Alamat : Perumsat Kemiri no. 12, Salatiga

Asal Sekolah : PKBM Karisma

Kelas : VI

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Good News From Indonesia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Good News From Indonesia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini