5 Perbedaan Upacara Kemerdekaan RI Tahun Ini dan Tahun 2016

5 Perbedaan Upacara Kemerdekaan RI Tahun Ini dan Tahun 2016
info gambar utama

Hari ini tepat tanggal 17 Agustus Istana Negara kembali menggelar upacara bendera dalam rangka menyambut hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72. Tetapi, ada empat hal yang berbeda dari perayaan hari kemerdekaan Indonesia tahun ini yang banyak tidak disadari oleh masyarakat.

Berikut ini terdapat perbedaan upacara kemerdekaan Indonesia tahun 2016 dengan tahun 2017, yakni:

  1. Para tamu undangan dan peserta upacara memakai pakaian adat tradisional
Presiden Jokowi bersama para menteri | niassatu.com
info gambar

Pada tahun-tahun sebelumnya, biasanya tamu undangan dan peserta upacara diminta menggunakan pakaian formal lengkap yaitu setelan jas. Saat ini, mereka diminta untuk memakai pakaian adat tradisional. Presiden Jokowi sendiri menggunakan pakaian adat Kalimantan, sedangkan Ibu Iriana menggunakan pakaian adat Minang. Teten Masduki selaku Kepala Staf Kepresidenan mengatakan bahwa konsep semacam itu memang sudah dirancang oleh Jokowi dan Jusuf Kalla. Pada momen Hari Kemerdekaan ini lah, Jokowi - Kalla ingin menunjukkan Indonesia memang terdiri dari beragam suku bangsa.

  1. Tiga mantan Presiden RI hadiri upacara kemerdekaan
Tiga Mantan Presiden Hadir di Istana Merdeka | garuda.industry.co.id
info gambar

Sejak tidak menjabat menjadi Presiden RI yang ke enam, baru paa tahun 2017 ini Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menghadiri peringatan upacara kemerdekaan Indonesia di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat. SBY dan istrinya Ani Yudhoyono menggunakan pakaian adat Palembang. Selain SBY yang datang, mantan Presiden Megawati Soekarno Putri juga terlihat hadir dengan memakai kebaya Jawa. Sedangkan B.J. Habibie hadir dengan menggunakan pakaian adat Bugis.

  1. Prosesi detik-detik proklamasi
Detik-Detik Proklamasi Tahun 2017 | poskotanews.com
info gambar

Dalam peringatan detik-detik proklamasi tahun 2017 ini dirayakan dengan tembakan meriam sebanyak 17 kali dan bunyi sirine saja. Sedangkan pada peringatan sebelumnya, dibunyikan tembakan meriam 17 kali, sirine, bedug masjid serta lonceng gereja.

  1. Sejumlah ulama diundang
Para Peserta Upacara Bendera | merdeka.com
info gambar

Tahun ini, pihak Istana secara khusus mengundang sejumlah ulama. Terdapat 36 ulama dari penjuru Indonesia diundang hadir dalam upacara pengibaran bendera merah putih yang ke 72.

  1. Parade seni nusantara
Mengenal Tarian Jejer Kembang Menur, Pembuka Kirab HUT ke-72 RI | Liputan6.com
info gambar

Sebelum upacara kemerdekaan Indonesia ke-72 dimulai, digelar pertunjukan kesenian, yaitu tarian Jejer Kembang Menur dari Banyuwangi. Selain itu, terdapat marching band dari TK Kinderfield Duren Sawit dan penampilan Ari Laso di tengah lapangan Istana Negara yang menambah riuh suasana. Inovasi lainnya yang menyita perhatian para tamu dan peserta upacara adalah persembahan 'Best National Costume' dari sejumlah provinsi yang semakin mengukuhkan Indonesia sebagai negara dengan kekayaan budaya yang sangat beragam.


Sumber: brilio.net

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini