Empat dari Sepuluh Tempat Diving Terbaik Asia, Ada di Indonesia

Empat dari Sepuluh Tempat Diving Terbaik  Asia, Ada di Indonesia
info gambar utama

Bulan Juli 2017 silam, situs berita CNN International merilis daftar sepuluh lokasi diving terbaik yang ada di Asia. lebih mencengangkan lagi adalah dalam daftar sepuluh tempat diving terbaik yang ada, empat diantaranya berasal dari Indonesia. Hal ini tentu menjadi sebuah kebanggan tersendiri, melihat bahwa tidak ada negara lain dalam daftar tersebut yang berhasil menempatkan lebih dari satu lokasi diving terbaik selain Indonesia. Selain itu, ini juga menjadi bukti bahwa betapa kaya dan indahnya alam yang dimiliki oleh negeri ini di mata dunia.

Keempat destinasi diving yang masuk dalam daftar terbaik di Asia adalah Pulau Derawan di Kalimantan Timur, Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat, Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur dan Tulamben di Pulau Bali. Secara berurutan, Pulau Derawan menempati posisi ketiga, Raja Ampat ada di posisi kelima, Pulau Komodo di posisi tujuh dan Tulamben ada di posisi delapan.

Bawah laur Derawan adalah salah stau tempat di dunia dimana kita bisa menemukan ubur - ubur tanpa sengat yang indah dan menawan. Hanya ada dua di dunia. (travacello.com)
info gambar

Enam yang tersisa dalam daftar tersebut diisi oleh Pulau Sipadan di Malaysia, Pulau Simian di Thailand, Mergui di Myanmar, Pulau Andaman di India, Pulau Kerama di Jepang serta Taman Nasional Tubbhataha Reef di Filipina. Pemeringkatan ini dilakukan berdasarkan penilaian yang dilakukan terhadap keindahan dan keragaman hayati yang ada di masing – masing lokasi tersebut.

Secara lebih khusus, CNN dalam laman yang dilansirnya mengulas tentang berbagai lokasi diving tersebut secara cukup mendetail. Kepulauan Derawan diulas mengenai keindahan bawah lautnya dengan ubur – ubur tanpa sengat yang hanya bisa ditemukan di dua tempat di bumi ini.

Sementara itu, Raja Ampat, yang sudah sangat dikenal dunia ini digambarkan sebagai tempat dengan keanekaragaman hayati terbesar di dunia, dimana terdapat l kurang lebih 537 spesies karang dan 1,704 spesies ikan yang ada di bawah perairan Raja Ampat. Tentunya, mengunjungi tempat ini akan menjadi sebuah pengalaman yang tidak terlupakan.

Pulau Komodo pun tidak kalah indahnya dijabarkan oleh CNN. Pesona bawah lautnya menjadi salah satu daya tarik yang istimewa selain makhluk purba Komodo yang berkeliaran bebas di pulau tersebut. selain itu, pantai yang berwarna pink pun tentu menjadi satu yang tak bisa terlewatkan. CNN bahkan menuliskan bahwa alam bawah laut Pulau Komodo merupakan salah satu yang paling beragam dan semarak di planet ini.

Manta Point di Pulau Komodo (magazine.diviac.com)
info gambar

Melengkainya adalah Tulamben yang berada di ujung timur Pulau Bali. Menjadi salah satu yang paling populer di Bali, Tulamben menawarkan paket diving yang cukup menarik minat para wisatawan. Penangkapan ikan adalah hal yang dilarang di Tulamben, sengan tujuan untuk menjaga diversitas dan keindahan alam bawah laut tempat tersebut.

Kita tentu perlu berbangga akan hal tersebut, bahwa indahnya negeri ini masih tetap diakui di mata dunia sebagai salah satu yang terbaik. Tapi lebih dari pada itu adalah tanggung jawab dan beban yang cukup tinggi bagi kita untuk tetap menjaga, merawat dan melestarikan keindahan alam bawah laut kita agar terhindar dari potensi kerusakan dan perusakan yang selalu mengancam setiap saat. Demi mimpi menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang berjaya di laut, kembali menjadi surga maritim dunia.


Sumber: CNN

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini