Idul Adha 2017: 10 Rumah Pemotongan Hewan di Pasuruan Gratiskan Penyembelihan Hewan Kurban

Idul Adha 2017: 10 Rumah Pemotongan Hewan di Pasuruan Gratiskan Penyembelihan Hewan Kurban
info gambar utama

Perayaan Idul Adha yang jatuh pada Jumat (1/9) mendatang disambut baik oleh pihak Rumah Pemotongan Hewan (RPH) di Pasuruan. Pasalnya 10 RPH di Pasuruan akan memberikan jasa penyembelihan hewan kurban secara gratis untuk seluruh masyarakat kabupaten Pasuruan.

Masyarakat dapat memanfaatkan program penyembelihan hewan gratis di 10 RPH berikut. RPH Tutur, RPH Prigen, RPH Sukorejo, RPH Purwosari, RPH Wonorejo, RPH Pasrepan, RPH Nguling, RPH Gondangwetan, RPH Gempol dan RPH Bangil.

Di setiap RPH akan disiapkakn 5 petugas ‘jagal’ untuk melayani warga di seluruh Pasuruan. Tak hanya masyarakat yang datang ke RPH yang dapat jasa penyembelihan hewan kurban gratis, tapi masyarakat juga bisa memanggil petugas pemotongan hewan ke masjid-masjid dan tempat lain.

"Pokoknya selama untuk kurban Idul Adha kita layani dengan gratis," ujar Sutaman, Kepala UPT RPH Dinas Peternakan Kabupaten Pasuruan, Rabu (30/8/2017).

Kepala UPT RPH Pasuruan menyebut bahwa jika hari biasa, layanan pemotongan hewan di RPH dipungut biaya Rp 25 ribu/ekor. Sutaman memperkirakan akan semakin banyak masyarakat yang memanfaatkan layanan tersebut. Pada Idul Adha tahun lalu, RPH melayani 50 pemotongan hewan kurban.

"Masyarakat biasanya spontan datang ke RPH ketika hari H Idul Adha, jadi Jumat (1 September) pagi akan banyak warga yang datang untuk sembelih hewan kurban," teranganya.

RPH tak hanya menyiapkan petugas penyembelihan, pihaknya juga telah menyiapkan semua kelengkapan pemotongan, termasuk membersihkan pembuangan darah.

Tak ingin mencari lingkungan, RPH pasuruan miliki saluran khusus pembuangan darah yang langsung menuju ke sumur resapan di dalam tanah.


Sumber: Detik.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini