Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral dari 189 Negara Segera Berkumpul di Indonesia. Ada Apa Gerangan?

Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral dari 189 Negara Segera Berkumpul di Indonesia. Ada Apa Gerangan?
info gambar utama

Ribuan pakar keuangan dipastikan bertemu di Bali tahun depan. Dari ribuan orang tersebut, terdapat pula para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral dari 189 negara di dunia.

Para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral tersebut berasal dari negara-negara anggota International Monetary Fund (IMF) dan World Bank Group (WBG). Selain para pejabat sentral di bidang keuangan, juga akan hadir para tokoh terkemuka dari sektor swasta, akademisi, organisasi masyarakat sipil, dan media. Selama sepekan, 8 - 14 Oktober 2018, para tokoh tersebut akan membahas perkembangan ekonomi dan keuangan global.

Ajang yang akan mempertemukan para tokoh ini adalah Pertemuan Tahunan IMF-WBG. Pertemuan ini rutin digelar setiap tahun, di mana dua tahun berturut-turut dilangsungkan di Washington DC, Amerika Serikat, dan di tahun ketiga diselenggarakan di salah satu negara anggota. Indonesia sendiri adalah negara keempat di Asia Tenggara yang berksempatan menjadi tuan rumah IMF-WBG Annual Meeting ini. Sebelumnya tercatat Filipina pernah menjadi tuan rumah pada 1976, Thailand pada 1991, dan Singapura tahun 2006.

Logo IMF-WB Annual Meeting 2018 I Foto: am2018bali.go.id
info gambar

Kesempatan Emas Diplomasi Ekonomi

Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo, mengatakan pelaksanaan pertemuan keuangan terbesar di dunia ini menjadi momentum yang sangat baik bagi Indonesia untuk menunjukkan kepada dunia keberhasilan sebagai ekonomi yang bereformasi, berdaya tahan, dan progresif.

“Indonesia berhasil menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, lebih seimbang, dan memperhatikan kesejahteraan masyarakat,’ ujar Agus.

Selain itu, lanjut Agus, Indonesia juga akan menggunakan kesempatan ini untuk menunjukkan keberhasilan ASEAN yang berkembang menjadi kerja sama regional dengan ekonomi yang stabil, tertata baik, serta siap menjadi motor pertumbuhan dunia.

Selain itu, sebagai tuan rumah Indonesia juga akan memperoleh banyak manfaat, mulai dari kesempatan ekonomi dalam persiapan pelaksanaan, promosi produk unggulan, tujuan investasi, hingga peningkatan devisa negara melalui kunjungan peserta yang total akan berjumlah sekitar 15 ribu orang.

Untuk mendukung pertemuan tahunan dari sisi informasi dan publikasi, masyarakat luas dari seluruh dunia telah dapat mengakses website am2018bali.go.id yang diluncurkan mulai minggu lalu di Nusa Dua, Bali. Situs ini akan menampilkan seluruh persiapan pertemuan tahunan IMF-WBG tahun 2018.

“Akan ada sekitar dua ribu pertemuan yang diadakan selama seminggu Pertemuan Tahunan. Sebagai agenda utama akan diadakan Sidang Pleno, Rapat Komite Moneter dan Keuangan Internasional (IMFC), dan Rapat Komite Pembangunan (DC). Selain itu IMF dan WBG juga akan memfasilitasi sejumlah pertemuan terkait kelompok delegasi negara-negara seperti G-20, G-24, Persemakmuran, BRICS, serta program Seminar, briefing regional, konferensi pers, dan kegiatan lainnya,” demikian salah satu informasi yang terunggah dalam laman tersebut.

Selamat datang dunia, di Bali, di Indonesia!

Sumber: kompas.com, sindonews.com, am2018bali.go.id I Foto Sampul: coindesk.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Wahyu Aji lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Wahyu Aji.

Terima kasih telah membaca sampai di sini