Mengenal 10 Festival Budaya Asli Indonesia. Beberapa Sudah Ada Yang Dikenal Di Kancah Internasional Loh!

Mengenal 10 Festival Budaya Asli Indonesia. Beberapa Sudah Ada Yang Dikenal Di Kancah Internasional Loh!
info gambar utama

Indonesia memiliki keanekaragaman budaya yang sangat bervariasi. Berangkat dari keanekaragaman tersebut, lahirlah sebuah program inovatif berupa hadirnya aneka festival budaya di seluruh penjuru Tanah Air. Berikut beragam festival budaya di Indonesia.

1. Festival Karapan Sapi

Festival Karapan Sapi di Madura | detiktravel
Festival Karapan Sapi di Madura | detiktravel

Jika di negara Spanyol terdapat ajang adu banteng, di Indonesia memiliki tradisi yang tak kalah menarik yakni festival karapan sapi. Festival ini merupakan salah satu tradisi yang sudah lama dilakukan masyarakat Madura saat panen. Tradisi ini menggunakan sepasang sapi sebagai hewan pacu untuk menarik kereta kayu. Kemudian, sapi-sapi tersebut akan diadu untuk menentukan sapi yang paling cepat.

2. Karnaval Batik Solo

Karnaval Batik Solo di Solo | Viva
info gambar

Pada tahun 2008, Pemerintah Kota solo mengadakan festival tahunan yang diberi nama Karnaval Batik Solo. Batik merupakan kostum utama yang digunakan dalam festival ini. Setiap tahun festival yang juga dikenal dengan sebutan Solo Batik Carnival (SBC) ini mengangkat tema-tema yang berbeda. Arak-arakan kostum menggunakan batik biasanya mengambil rute dari Stadion Sriwedari hingga Benteng Vastenburg di Jalan Slamet Riyadi, Solo.

3. Jember Fashion Carnaval (JFC)

Jember Fashion Carnival | surabayabisnis.com
info gambar

Jember Fashion Carnaval merupakan cikal-bakal lahirnya festival-festival budaya lain di berbagai daerah di Indonesia. Karnaval ini diadakan pertama kali pada tahun 2001 dengan tujuan untuk meramaikan hari jadi Kota Jember. Pergelaran fashion berkelas dunia yang berlangsung di sepanjang jalan protokol Kota Jember ini telah menyabet belasan penghargaan tingkat Internasional.

4. Festival Danau Toba

Pesona Festival Danau Toba | beritagar.id
info gambar

Danau Toba merupakan danau terluas di Asia Tenggara dan terbesar kedua di dunia. Selain keksotisan pemandangannya, danau ini juga memiliki festival tahunan yang menarik. Pesta rakyat ini mulai diadakan pada 1980. Dulunya, festival ini bernama Pesta Danau Toba, kemudian pada 2013 berubah menjadi Festival Danau Toba. Festival Danau Toba merupakan acara lokal untuk melestarikan seni dan budaya khas suku Batak di kawasan Danau Toba. Namun saat ini, festival Danau Toba mulai dilirik pemerintah untuk meningkatkan potensi wisata yang ada di Sumatera Utara, khususnya di Danau Toba.

5. Festival Danau Sentani

Festival Danau Sentani | festivaldanausentani.com
info gambar

Festival Danau Sentani diadakan pada pertengahan Juni setiap tahunnya. Festival yang berlangsung selama lima hari berturut-turut ini diisi dengan tarian-tarian adat di atas perahu, tarian perang Papua, serta upacara adat. Festival ini diikuti oleh seluruh paguyuban di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura yang menampilkan budaya tradisional dan tarian tradisional yang diiringi lagu daerah.

6. Festival Lebaran Betawi

Festival Lebaran Betawi | tempo.com
info gambar

Lebaran Betawi merupakan acara rutin yang digelar oleh Pemprov DKI Jakarta sejak tahun 2008. Acara ini digelar setelah Hari Raya Idul Fitri atau selama bulan Syawal. Berbagai ornamen dan hiasan bernuansa Betawi dimunculkan dalam festival ini. Acara kebudayaan seperti seni tari Betawi, orkes Betawi, serta pencak silat juga ditampilkan dalam festival ini.

7. Dieng Culture Festival

 | dream.co.id
info gambar

Festival budaya yang satu ini berlokasi di pegunungan Dieng, Wonosobo-Jawa Tengah. Festival ini sendiri merupakan salah satu acara budaya terbesar sejak 2014. Beragam acara seperti pertunjukan seni tradisional, pemutaran nominator festival film Dieng, pagelaran wayang kulit, pesta lampion, kembang api hingga pagelaran musik Jazz disuguhkan dalam festival ini yang diikuti dengan acara inti prosesi ruwatan (pemotongan) rambut gimbal anak-anak Dieng.

8. Kite Festival

Bali Kite Festival | fabulousubud.com
info gambar

Sejak 2010 festival layang-layang di Bali ini rutin diadakan sekitar bulan Juli dan Oktober. Festival ini merupakan lomba layangan yang didesain sesuai kreativitas peserta dari anak-anak hingga dewasa. Tak hanya dinilai dari keunikan layangan, kelihaian memainkan dan mengalahkan layangan lain menjadi poin penting dari festival ini. Selain itu, layang-layang yang ditampilkan di festival ini memiliki ukuran raksasa dan dilengkapi dengan instrumen suara.

9. Festival Sekaten

Festival Sekaten di Yogyakarta | indonesianparadise.net
info gambar

Festival Sekaten atau upacara Sekaten merupakan peringatan lahirnya Nabi Muhammad SAW. Acara ini diadakan setiap tanggal 5 –11 Rabiulawal di Alun-Alun Utara Kota Yogyakarta. Upacara Sekaten juga digelar di Kota Surakarta. Upacara Sekaten merupakan perpaduan antara kegiatan dakwah Islam dan seni. Acara puncak peringatan Sekaten sendiri ditandai dengan Grebeg Muludan.

10. Festival Tabuik

Festival Tabuk di Sumatera Barat | indonesiakaya.com
info gambar

Festival ini merupakan salah satu tradisi tahunan masyarakat Pariaman-Sumatera Barat pada bulan Muharram. Festival Tabuik diperkirakan telah ada sejak abad ke-19 Masehi. Tabuik sendiri merupakan istilah untuk usungan jenazah yang dibawa selama prosesi upacara tersebut. Rangkaian tradisi tabuik ini terdiri dari tujuh tahapan ritual di antaranya mengambil tanah, menebang batang pisang, serta membuang tabuik ke laut. Festival ini biasanya ditutup menjelang magrib saat tabuik diarak menuju pantai dan dilepas ke laut .


Sumber: koran.sindo.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini