International Gamelan Festival 2017 Di Inggris

International Gamelan Festival 2017 Di Inggris

International Gamelan Festival 2017 di gelar di Inggris (foto/ilustrasi) © kompasiana

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Indonesia mengelar International Gamelan Festival (IGF) 2017 di dua kota di Inggris Raya, yaitu London dan di Glasgow Skotlandia. International Gamelan Festival 2017 berlangsung sejak tanggal 5 hingga 15 September 2017 mendatang.

Rangkaian kegiatan utama dari IGF 2017 adalah Workshop dengan narasumber pakar gamelan Prof. Rahayu Supanggah dan Prof. Sumarsam. Adapun workshop yang akan diadakan di SOAS University of London, yakni workshop tentang bonang, rebab, gender, suling dan lain-lain. Selain itu juga akan ditampilkan pelatihan tentang Klenengan Provinsi Jawa Tengah, Banyuwangi dan Provinsi Jawa Timur. Selanjutnya akan diadakan pementasan dadakan, kelompok gamelan dari Inggris Siswa Sukra pimpinan Peter Smith dan Kelompok Gamelan South Bank pimpinan John Pawson yang akan tampil utuh secara grup.

Acara workshop dilanjutkan dengan penampilan Masterclass oleh Prof Rahayu Supanggah serta Workshop gamelan Bali, film, gamelan aliran Isin, dan lain-lain. Serta tabuhan gamelan gaya Bali oleh Lila-Bhawa Lila Chita pimpinan Andy Channing, dan Kelompok Jagat Gamelan pimpinan Manuel Jiminez.

Pertunjukan Gamelan | indonesiasatu.com
Pertunjukan Gamelan | indonesiasatu.com

Ahmad Mahendra selaku Kasubdit diplomasi budaya luar negeri direktorat warisan dan diplomasi budaya Kemdikbud, kepada Antara, Minggu (3/09) menjelaskan bahwa IGF bertujuan untuk melihat eksistensi gamelan di dunia, sebagai bagian dari strategi diplomasi budaya Indonesia, dan dalam rangka pemetaan membawa pulang kembali gamelan ke Indonesia khususnya gamelan yang ada di Inggris.

Namun, pembukaan IGF 2017 baru akan dilakukan pada Minggu 10 September bertempat di Cadogan Hall London dengan pemberian penghargaan Dirjen Kebudayaan mewakili Kemdikbud atas nama Bangsa Indonesia kepada tiga pelopor gamelan Inggris: Alec Roth, Neill Sorrell, dan Anne Hunt.

Selain itu, pada saat yang sama akan diadakan Pre-Launching IFG 2018. Pendeklarasian IFG 2018 ini penting sebagai sebuah momentum home-coming gamelan ke Indonesia.

Acara puncak dari IFG 2017 akan menampikan Setan Jawa film bisu karya Garin Nugroho yang diiringi dengan orkestra gamelan di bawah komposer Prof. Rahayu Supanggah.

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Festival Pantai Lovina 2017 Angkat Eksistensi Wisata Bali Utara Sebelummnya

Festival Pantai Lovina 2017 Angkat Eksistensi Wisata Bali Utara

Mohammad Hatta, Memperjuangkan Ekonomi Rakyat Indonesia Lewat Koperasi Selanjutnya

Mohammad Hatta, Memperjuangkan Ekonomi Rakyat Indonesia Lewat Koperasi

Andari Widanto Fitria Aisyah
@pipit09

Andari Widanto Fitria Aisyah

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.