Mulai Toraja sampai Aceh Gayo, Ini 5 Pilihan Kopi Terbaik Indonesia yang Wajib Dicoba!

Mulai Toraja sampai Aceh Gayo, Ini 5 Pilihan Kopi Terbaik Indonesia yang Wajib Dicoba!

Kopi Terbaik Di Indonesia (foto/ilustrasi) © hellosehat.com

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Indonesa memiliki banyak kopi yang sudah diakui kenikmatannya di kancah internasional. Sebut saja Aceh gayo, mandailing, sidikalang, Toraja, bajawa Flores dan masih banyak lagi, lebih dari 15 daerah penghasil kopi unggulan Indonesia.

Berikut lima jenis kopi arabika terbaik dari lima daerah di Indonesia yang wajib kawan coba:

  1. Wamena, Papua
Kopi Wamena, Papua | bukalapak.com
Kopi Wamena, Papua | bukalapak.com

Kopi Arabika asal Wamena merupakan salah satu kopi produk Indonesia yang sudah mulai dikenal di seluruh Indonesia, bahkan mancanegara. Kopi ini tumbuh di lembah Baliem pegunungan Jayawijaya Wamena tanpa menggunakan pupuk kimia. Kopi yang dikenal sebagai kopi organik ini memiliki aroma dan cita rasa yang khas dibandingkan dengan cita rasa kopi Arabika yang lain. Jika kopi arabika biasanya ditanam dalam ketinggian di atas 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl), kopi ini ditanam di sekitaran tebing dengan minimum ketinggian 2.000 mdpl. Taste dari kopi ini sendiri sangat seimbang, tidak terlalu asam atau manis .

  1. Toraja Kalosi, Tana Toraja, Sulawesi Selatan
Kopi Toraja Kalosi | torajaparadise.com
Kopi Toraja Kalosi | torajaparadise.com

Kopi Toraja Kalosi merupakan nama sebuah kopi yang berasal dari dua daerah yang berbeda. Biji kopi Toraja Kalosi di tanam di daerah pegunungan tinggi Sulawesi Selatan. Kalosi adalah nama kota kecil di Sulawesi yang merupakan tempat pengumpulan kopi dari daerah sekitarnya. Toraja adalah daerah pegunungan di Sulawesi, tempat dimana tumbuhnya kopi tersebut. Kopi Toraja juga sering disebut sebagai “Queen Of Coffee” karena memiliki taste yang seimbang dan unik dengan tingkat keasaman yang rendah, halus, lembut, serta cita rasa yang floral dan fruity. Sensasi rasa kopinya kuat, menembus lidah. Juga ada rasa kecut. Pahitnya muncul di ujung lidah tak lama setelah di minum. Penampilan kopinya tampak lebih bening setelah dituang ke dalam cangkir, mirip teh pekat. Selain itu, aroma herbal dari kopi ini tidak ditemukan didaerah lain dan inilah ciri khas yang dimiliki oleh Kopi Toraja. Satu hal yang membanggakan adalah bahwa kopi Toraja cukup dikenal dinegara-negara besar diseluruh dunia terutama di Jepang, Amerika Serikat, dan Jerman, salah satunya adalah Key Coffee.

  1. Malabar, Jawa Barat
Kopi Malabar | media.minumkopi.com
Kopi Malabar | media.minumkopi.com

Malabar merupakan sebuah gunung api yang terdapat di Pulau Jawa, Indonesia. Gunung ini terletak di bagian selatan Kabupaten Bandung dengan titik tertinggi 2,343 meter di atas permukaan laut. Kopi yang berasal dari perkebunan kopi Malabar ini dikenal dengan nama “Kopi Java Preanger”, baik di Indonesia maupun di dunia. Kopi Malabar atau Java Preanger, berjenis kopi arabika ini memiliki karakteristik rasa kekentalan dan keasaman medium ke atas, rasa dominan cokelat dengan rasa akhir rempah, bahkan terkadang ada rasa nangka. Kopi Luwak juga diproduksi di kawasan Malabar. Kopi luwak yang berada di kawasan ini diberikan asupan madu, sehingga biji kopi yang di fermentasi dan dihasilkan oleh Luwak pun sangat manis. Terkadang rasa lemon juga berasa di lidah serta kaya dengan karakter buah.

  1. Aceh Gayo, Aceh
Kopi Aceh Gayo
Kopi Aceh Gayo | wikipedia

Jika kawan mengaku penikmat kopi, tentulah tidak asing dengan kopi ini. Kopi yang berasal dari daerah Tanah Gayo Aceh Tengah ini menjadi salah satu jenis kopi yang paling banyak dikonsumsi masyarakat maupun yang diekspor ke luar negeri. Kopi Gayo memiliki ciri unik dengan kekhasan aroma yang berbeda dengan kopi-kopi lain di Indonesia. Kopi Gayo menghasilkan sebagian besar jenis kopi Arabika terbaik. Cita rasa kopi Gayo sendiri terasa lebih pahit dengan tingkat keasaman rendah. Aromanya yang sangat tajam menjadikan jenis kopi ini sangat disukai. Bahkan, kopi ini menjadi penghasil kopi terbesar di Asia. Meskipun rasanya pahit, kopi Gayo memberi aroma gurih pada setiap tegukan.

  1. Flores, Nusa Tenggara Timur
Kopi Flores | seword.com
Kopi Flores | seword.com

Flores terkenal dengan keindahan alamnya yang begitu menakjubkan, siapa sangka daerah ini ternyata juga menghasilkan kopi yang tak kalah nikmatnya. Kopi Flores Bajawa namanya, sebuah kopi yang berasal dari Kabupaten Ngada. Kopi ini tumbuh di dataran Flores yang subur meskipun di kelilingi oleh pegunungan yang masih aktif maupun tidak. Tanah dari tempat kopi ini dihasilkan, ternyata mengandung andosols subur dari abu gunung berapi yang ternyata sangat baik untuk menanam kopi. Dan jadilah kopi Flores Bajawa yang nikmatnya tak kalah dengan kopi nusantara lainnya. Kopi Flores Bajawa melalui proses giling basah. Kopi ini memiliki sedikit aroma cokelat, spicy, strong, citrus, bunga, hingga kayu dan sedikit bau tembakau pada after taste-nya. Sebuah keunikan yang mungkin tak didapatkan dari biji kopi yang berasal dari daerah lain.

Sumber: berbagai sumber

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga53%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang12%
Pilih Tak PeduliTak Peduli3%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi18%
Pilih TerpukauTerpukau14%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Bunda, Yuk Kenalkan Pada Anak Permainan-permainan Tradisional Ini Sebelummnya

Bunda, Yuk Kenalkan Pada Anak Permainan-permainan Tradisional Ini

Membangun Pola Pikir Agile Dalam Tim Selanjutnya

Membangun Pola Pikir Agile Dalam Tim

Andari Widanto Fitria Aisyah
@pipit09

Andari Widanto Fitria Aisyah

1 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.