Pegawai negeri sipil atau PNS merupakan kelas pekerja yang sangat dibutuhkan dalam penyelenggaraan negara. Indonesia dengan populasi hampir mencapai 270 juta jiwa kira-kira terdapat berapa banyak penyelenggara ya? 

Seperti dikutip dari Liputan 6, jumlah PNS secara keseluruhan adalah sekitar 4,5 juta. Jumlah ini sama dengan 1,7 persen penduduk Indonesia. Angka ini dapat bertambah sebab pada tahun 2017 ini pemerintah membuka kembali penerimaan Calon PNS atau CPNS untuk 17.928 posisi. Para PNS baru yang diterima nantinya akan mengisi jabatan di 30 kementerian, 30 lembaga dan satu pemerintah provinsi Kalimantan Utara.

Jumlah PNS Indonesia yang mencapai empat juta lebih merupakan salah satu jumlah pegawai negara terbesar di Asia Tenggara. Malaysia dengan jumlah total populasi sekitar 33 juta jiwa memiliki PNS sebanyak 1,2 juta jiwa. Secara angka, jumlah ini memang masih kalah dari Indonesia namun secara rasio dengan total penduduk, pegawai negara Malaysia berjumlah empat persen. Terbesar kedua di ASEAN setelah Brunei Darussalam yang memiliki rasio 12 persen pegawai negara dibandingkan jumlah penduduk. 

Sementara itu Singapura dikabarkan memiliki jumlah pegawai negara sebanyak 143.000 atau sekitar empat persen  sama seperti Malaysia. 

Laos pun, dalam rasio jumlah pegawai negara pun ternyata masih lebih tinggi dibandingkan Indonesia. Negara dengan PDB perkapita sebesar US$ 2.353 itu memiliki rasio 2,59 persen dari 7 juta penduduk. 

Sementara negara-negara di ASEAN yang memiliki rasio pegawai negara lebih rendah dari Indonesia adalah Thailand dan Vietnam. Masing-masing negara memiliki rasio 0,55 persen dan 0,31 persen dibadingkan dengan jumlah total penduduk.

Kira-kira dengan apakah ada korelasi antara jumlah pegawai negara dengan kemajuan negara ya? Sepertinya itu pertanyaan yang harus dijawab selanjutnya. Mengingat Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah populasi pegawai negara terbesar di asia tenggara.

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu