Kereta api wisata manjakan para wisatawan, intip yuk apa saja fasilitasnya!

Kereta api wisata manjakan para wisatawan, intip yuk apa saja fasilitasnya!
info gambar utama

Para wisatawan kini dapat menikmati indahnya panorama di Indonesia menggunakan kereta api wisata dengan fasilitas yang beragam. Pasalnya PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah menyatakan dukungannya dalam memperkuat sektor pariwisata dengan memfasilitasi kereta api wisata. Kereta Api Wisata dengan diferensiasi produk yang dimiliki, siap memberikan dukungan dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Baik pergerakan wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara.

Presiden Direktur PT KA Wisata Totok Suryono mengatakan bahwa Kereta Api Pariwisata bisa menjadi salah satu alternatif bagi wisatawan, sehingga mereka punya pilihan dalam melakukan perjalanan ataupun pilihan dalam menggunakan kereta api itu sendiri. 


Lebih lanjut Totok mengatakan, bukan sekadar sebagai alat transportasi, namun dengan adanya KA Wisata juga memberikan pengalaman berwisata yang lebih bagi para wisatawan.

"Kita punya produk khusus yang berbeda dengan kereta api yang sudah ada. Sehingga apabila wisatawan baik nusantara ataupun mancanegara inginkan angkutan dengan layanan yang lebih saat ini sudah ada," kata Totok.

Kereta api wisata memiliki tujuh tipe yang dapat dipilih wisatawan. Kereta api wisata Nusantara misalnya, kereta ini memiliki desain interior dan segala pernak-pernik yang menggambarkan seni dan keindahan dari pelosok Nusantara. Kereta dengan kapasitas 19 orang ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan kenyamanan. Seperti tempat tidur, karaoke, mini bar dan toilet.

Begitu juga dengan kereta Wisata Bali. Kereta ini memiliki interior yang kental dengan nuansa budaya Bali. Didesain secara cantik dan apik dengan ukiran serta lukisan yang bernuansakan eksotika Pulau Dewata.

"Ada juga Kereta Wisata Toraja dan Kereta Wisata Sumatra. Semuanya memiliki kenikan desain interior masing-masing," ujar Totok.

Bila kelima tipe kereta wisata tersebut diharuskan dipesan untuk satu gerbong secara keseluruhan, maka kereta wisata Priority dan Imperial bisa dipesan secara individual. Kereta tipe ini dilengkapi dengan LCD TV layar sentuh pada tiap kursi, sehingga selama perjalan dapat menikmati ragam pilihan hiburan audio dan video.

"Dengan desain khusus untuk memberikan perjalanan jarak jauh yang tak terlupakan bagi para penumpangm lengkap dengan kenyamanan tempat duduknya. Dua tipe ini juga dilengkapi dengan karaoke, restorasi, mini bar, recline seat dan toilet," ujar Totok.

Totok mengatakan, saat ini kereta api wisata masih melayani perjalanan wisata dari Jakarta menuju Solo dan Yogyakarta. Kereta berangkat dari Jakarta pada Jumat malam dan kembali pada minggu malam. Dan kedepan pihaknya akan membuka jalur baru ke Surabaya.

Sumber: Pikiran rakyat

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini