Hebat, Bandung Terpilih Menjadi Kota Besar dengan Udara Paling Bersih di ASEAN

Hebat, Bandung Terpilih Menjadi Kota Besar dengan Udara Paling Bersih di ASEAN
info gambar utama

Bandung Kota yang berjuluk Paris Van Java ini memang terkenal memiliki udara sangat sejuk. Maka, Penghargaan yang diberikan kepada pemerintah kota Bandung sebagai kota besar dengan kualitas udara paling bersih di ajang The 4th ASEAN Environmentally Cities Award yang berlangsung di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, Selasa (12/9) tidaklah salah.

Penghargaan The 4th ASEAN Environmentally Cities Award diberikan berdasarkan hasil pengujian dan pengukuran selektif. The 4th ASEAN Environmentally Cities Award menilai program-program Kota Bandung merupakan upaya berkelanjutan guna mendukung kualitas lingkungan.

Di ajang itu menilai program-program pemerintah kota yaitu pembentukan tim teknis pengendali polusi udara, sosialisasi manajemen kualitas udara melalui seminar dan lokakarya, hingga pengujian emisi kendaraan bermotor.

Progam lain ialah mengenai pemerintah kota juga memasang alat pemantau kualitas udara di 27 titik, serta menempatkan Air Quality Monitoring System (AQMS) di Dago Pakar, Pajajaran, Gedebage, dan Ujungberung.

Selain itu, penerapan Car Free Day di tiga tempat setiap pekan, serta kampanye mobilitas rendah emisi seperti Bike to School dan Bike to Work. Program kreatif yang juga menguntungkan bagi kebersihan udara kota Bandung itu sangat mendukung kualitas kebersihan kota.

"Alhamdulillah. Kota Bandung mendapatkan penghargaan ASEAN Environment Award (Adipura nya Asean) untuk kategori Kota Metropolitan dengan kualitas udara terbersih dan terjaga. (Clean Air Award for Big City). Award Langit Biru ini diberikan di Bandar Seri Begawan di Brunei Darussalam. Terima Kasih untuk semua pihak yang selalu menjaga kebersihan lingkungan khususnya kualitas udara di Kota Bandung agar selalu bersih dan biru. Hatur Nuhun” Ungkap Walikota Bandung, Ridwal kamil.

Selain Kota Bandung, ada tiga kota lain di Indonesia yang mendapat penghargaan, yaitu Makassar yang mendapat predikat Clean Land, Malang dengan predikat Clean Water, dan Kabupaten Tulungagung yang meraih ESC Award.


Sumber: jengpatrol.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini