wow , Musik dangdut Indonesia punya cerita

wow , Musik dangdut Indonesia punya cerita
info gambar utama

Sekarang banyak lagu bermunculan di Era kekinian dari berbagai Genre musik yang kadang membuat kita cepat lupa untuk mengingatnya . Alasannya lagu sekarang tidak dapat mendapatkan kesan khusus dihati pendengarnya . Tapi ada juga lagu yang bisa memberikan cerita tersendiri buat kita sampai kita mengingat terus .

Musik Indonesia yang paling banyak diminati oleh orang Indonesia adalah Musik Dangdut . Musik ini dikenal dari Sabang sampai Merauke yang begitu melekat dengan ciri khas melayunya ini berkembang pada tahun 1940 an . Asal mula musik ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu Asimilasi, akulturasi, Penetrasi , Difusi dari kebudayaan India dan Arab terasa kental disini . Apalagi irama tabuhan gendang , rabana, seruling serta cengkok penyanyinya ini yang membuat dangdut disukai. Menurut informasi Google asal kata Dangdut dari kata dang....dut...dang... tercipta dari musik gendang yang ditabuh . Tentunya berjalan di Era 1970an mulai terlahir penyanyi dangdut berbakat dan melegenda seperti Rhoma Irama, A. Rafiq, Reynold pangabean,Elvy sukaesih,Mansyur S, Mukhsin alatas, Camelia Malik dll.

Perkembangan musik dangdut kini dimodifikasi dengan Genre lain mulai dari dangdut Koplo , Jazz,Rock , Regge, house music , koplo yang semakin mempercantik musik dangdut ini. Memang sih dangdut pada masa itu disukai oleh masyarakat kelas bawah , ya dibilang kampungan . Tapi sekarang lagu dangdut mulai digemari dan sering disisipkan setiap acara mulai dari acara modern sunat, Nikah , sambut baru, tahun baru , pesta rakyat , bahkan acara resmi pemerintahan sebagai media hiburan .

Pertunjukan musik dangdut dari tiap daerah sangatlah berbeda istilahnya ada yang menyebutkan Orchestra( jawa), Elektone (sulawesi selatan) , dangdut keliling dengan menampilkan biduan atau biduanita yang super seksi manja .

Tapi jangan salah ya Musik dangdut sudah Go Internasional . Memuat kritik sosial , kenakalan remaja, percintaan , kemanusian semua termaktub dalam musik dangdut dan budaya Indonesia. bangetlah. Perlu diketahui musik dangdut sangatlah susah dinyanyikan oleh penyanyi pop karena faktanya penyanyi dangdut bisa menyanyikan semua genre musik dan malah lebih bagus . Itu karena teknik vokal serta cengkoknya ini tak sembarang orang miliki . Inilah Aset Bangsa Kita yang harus dilestarikan dan dijaga agar tidak ada orang yang mengklaim atau memplagiat hak cipta budaya kita .


Sumber:wikipedia dan berbagai sumber lainnya yang diolah

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini