Di Pulau Jawa Ada Patung Dewa Perang Terbesar Se-Asia Tenggara, Dimana?

Di Pulau Jawa Ada Patung Dewa Perang Terbesar Se-Asia Tenggara, Dimana?
info gambar utama

Kwang Sing Tee adalah seorang China yang dikenal sebagai jenderal perang. Ia memiliki kejujuran dan kesetiaan yang tinggi. Berkat kejujuran dan kesetiaannya tersebut, Kwang Sing Tee dijadikan patung di negara asalnya dan di Indonesia. Di China sendiri, patung Kwang Sing Tee memiliki ketinggian 80 meter. Sedangkan di Indonesia, patung Kwang Sing Tee dibuat di Tuban, Jawa Timur. Dengan ketinggian 30,4 meter, patung Kwang Sing Tee tersebut menjadi yang terbesar dan tertinggi di Asia Tenggara.

Patung Kwang Sing Tee terletak di Kelenteng Kwan Sing Bio dan menelan dana mencapai Rp 2,5 miliar. Dana tersebut dihimpun dari donator yang merupakan jamaat dari Kelenteng Kwan Sing Bio. Patung Kwang Sing Tee berdiri di area seluas satu hektar. Pembangunan patung Kwang Sing Tee dilaksanakan sebagai peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kelenteng Kwan Sing Bio ke 1857 tahun.

Kwang Sing Tee diteladani karena selama hidupnya menjadi ksatria sejati. Kwang Sing Tee penuh kejujuran sehingga tak pernah mengingkari janjinya. Patung Kwang Sing Tee dibangun bukan untuk pemujaan, melainkan sebagai figure suri tauladan yang patut untuk diikuti kebaikan-kebaikannya.


Sumber: liputan6.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini