Kecil dan Tajam, Senjata Tradisional Indonesia Ini Banyak Dipakai Tentara di Dunia. Apa Itu?

Kecil dan Tajam, Senjata Tradisional Indonesia Ini Banyak Dipakai Tentara di Dunia. Apa Itu?
info gambar utama

Sejak sebelum merdeka, Indonesia terbiasa melawan penjajah menggunakan senjata tradisional. Tak heran jika Indonesia memiliki banyak sekali senjata tradisional yang beragam dari berbagai daerah. Minangkabau memiliki senjata tradisional bernama Kerambit yang begitu tersohor di mata dunia. Kerambit merupakan pisau kecil, bentuknya melengkung seperti kuku harimau dan terdapat lubang pada pegangannya.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Di Minangkabau dan sekitarnya, Kerambit digunakan untuk bela diri silat. Selain sebagai senjata atau alat pertahanan tubuh, Kerambit juga digunakan sebagai alat untuk bertani. Karambit dinilai sangat tajam sehingga dapat digunakan untuk menyayat, mencakar, merobek, dan memotong. Senjata ini pernah dimunculkan dalam film Indonesia berjudul The Raid 2. Kerambit menjadi senjata wajib pasukan tentara US Marshall. Disebutkan bahwa pada tahun 2004 Kanada pernah memakai Kerambit dalam sebuah misi perang.

Iko Uwais Memegang Kerambit dalam Film The Raid 2
info gambar


Sumber: dihimpun dari berbagai sumber

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini