Luar Biasa! Prof Eka Torehkan Rekor di Bidang Bedah Saraf yang Kejutkan Dunia

Luar Biasa! Prof Eka Torehkan Rekor di Bidang Bedah Saraf yang Kejutkan Dunia
info gambar utama

Prof. Dr. Eka Julianta Wahjoepramono, dr., Sp.BS, adalah dokter spesialis bedah asal Indonesia yang tersohor di dunia. Pada tahun 2014 silam, Prof Eka menghadiri Kongres Ahli Bedah Saraf Otak yang dilaksanakan di Karachi, Pakistan. Dalam kesempatan tersebut, Prof Retna memaparkan sebuah kasus yang merupakan kasus istimewa di Indonesia, yaitu bedah batang otak atau dalam dunia medis disebut Surgery of Brainstem Cavernous Angioma.

Pembedahan batang otak merupakan operasi besar dan memiliki resiko tinggi kematian diatas meja operasi. Namun, tangan dingin Prof Eka berhasil melakukan puluhan kali pembedahan batang otak tanpa kematian. Hal ini membuat banyak penyakit di batang otak yang tak tersentuh menjadi dapat diobati. Dari 50 pasien yang menjalani pembedahan batang otak, Prof Eka berhasil melakukannya tanpa ada pasien yang meninggal. Hal ini merupakan rekor yang mencengangkan dunia.

Kualitas dokter bedah saraf di Indonesia pelan tapi pasti menyamai negara-negara maju. Keberhasilan demi keberhasilan dalam melakukan operasi terutama pada otak menjadikan prestasi tersendiri. Saat ini Prof Eka menjadi Dekan di Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan. Selain itu, Prof Eka kini juga menjadi dokter bedah senior di Rumah Sakit Siloam, Jakarta.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)


Sumber: dihimpun dari berbagai sumber

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini