Mampu Produksi Lokomotif Sendiri, INKA Buat Indonesia Jadi Nomor Satu di Asia Tenggara

Mampu Produksi Lokomotif Sendiri, INKA Buat Indonesia Jadi Nomor Satu di Asia Tenggara
info gambar utama

Industri kereta api di Indonesia terus berkembang seiring dengan kemajuan zaman. Di Indonesia sendiri, produksi kereta api dilakukan secara mandiri oleh PT Industri Kereta Api (INKA). INKA berlokasi di kota Madiun, Jawa Timur. Perusahaan yang saat ini berusia 36 tahun tersebut merupakan Persero yang dibawahi oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Pada tahun 2010, INKA mulai mengembangkan produksi lokomotif yang diinisiasi oleh insinyur disana. Kendati menciptakan lokomotif yang sangat bagus, setahun kemudian INKA telah menerima pemesanan perdana untuk lokomotif. Kementerian Perhubungan sendiri juga menjadi konsumen dari produk-produk keluaran INKA. Hingga saat ini, INKA telah menjual lima buah lokomotif berjenis DH CC300 kepada Kementerian Perhubungan. Lokomotif tersebut dirancang dan diproduksi oleh anak-anak bangsa Indonesia sendiri.

PT INKA Memproduksi Lokomotif Secara Mandiri
info gambar

Kualitas lokomotif keluaran INKA disejajarkan dengan lokomotif keluaran Amerika Serikat, General Electric. INKA semakin menjajaki peluang rajai industri produksi kereta api ASEAN karena saat ini hanya Indonesia yang secara mandiri mampu membuat kereta api dan lokomotif.


Sumber: medanpunya.co.id

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini