Kampus Ini Menjadi Kampus Pertama di Indonesia yang Punya Museum Pendidikan Kedokteran

Kampus Ini Menjadi Kampus Pertama di Indonesia yang Punya Museum Pendidikan Kedokteran
info gambar utama
Pendidikan Kedokteran di Indonesia merupakan jurusan kampus yang biasanya paling diburu oleh calon-calon mahasiswa. Peringkat nilai yang tinggi dan peminat yang banyak membuat jurusan kedokteran menjadi jurusan yang prestisius. Namun meski prestisius, pendidikan kedokteran harus tetap terus melakukan inovasi, seperti yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang telah resmi membuka Museum Pendidikan Kedokteran pertama di Indonesia.

Sebagaimana jelaskan dalam rilis yang diterima GNFI, peresmian museum Indonesia Museum of Health and Medicine (iMuseum IMERI) dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Puan Maharani. Museum itu akan menjadi rujukan nasional tentang pembelajaran dan pendidikan di bidang kesehatan dan kedokteran. iMuseum dijelaskan telah memiliki lebih dari 5.000 koleksi, baik berupa spesimen kedokteran maupun benda-benda peninggalan atau artefak berupa alat bantu pendidikan, kedokteran, video, ataupun direktori media lainnya.

Museum yang terletak di kompleks FKUI kampus Salemba ini terdiri dari enam area yakni Medical Education journey in Indonesia, Health Education, Medical Collection, Lobby, Edutainment dan Etalase.

Area Medical Education memberikan informasi tentang kronologis pendidikan kedokteran di Indonesia mulai sejak era kolonial Belanda, Jepang hingga masa pasca kemerdekaan. Health Education menjadi pusat informasi siklus kehidupan manusia dari pembuahan hingga lanjut usia. Di area ini dijelaskan juga tentang penyakit-penyakit atau gangguan kesehatan yang bisa terjadi pada kehidupan manusia. Medical Collection menjadi area yang menyimpan spesimen dan peralatan masa lampau hingga anatomi. Sementara area Edutainment menjadi lokasi edukasi sederhana tentang tubuh manusia dan cara menjaga kebersihan diri. Dan yang terakhir adalah area Etalase yang menjadi tempat penyimpanan alat bantu pendidikan dan kedokteran seperti alat laboratorium, alat bantu operasi dan alat bantu pendidikan.

iMuseum ini terbuka untuk umum dengan jadwal buka mulai hari Selasa hingga Sabtu. Selasa sampai Jumat buka sejak pukul 09.00 hingga 17.00 dan hari Sabtu buka pukul 9.00 hingga 14.00. Sementara hari Minggu, Senin dan hari libut naisonal tutup.

Hadirnya iMuseum IMERI FKUI diharapkan bisa menjadi pusat rujukan untuk informasi kedokteran dan kesehatan di Indonesia. Sebab museum ini tidak hanya melestarikan artefak sejarah pendidikan kedokteran, tapi juga berpartisipasi aktif untuk meningkatkan kualitas pendidikan kesehatan dan kedokteran di Tanah Air.


Sumber:

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini