Satu-satunya dari Asia Tenggara, Go-Jek Masuk Daftar Perusahaan Pengubah Dunia

Satu-satunya dari Asia Tenggara, Go-Jek Masuk Daftar Perusahaan Pengubah Dunia
info gambar utama

Go-Jek masuk ke daftar 56 perusahaan yang mengubah dunia versi majalah Fortune. Dalam daftar tersebut, startup ride sharing asal Indonesia ini duduk di peringkat ke-17.

Mereka masuk bersama perusahaan raksasa dunia seperti Apple (peringkat 3) dan Toyota Motor (peringkat 8), dan mengungguli sejumlah perusahaan teknologi ternama seperti Microsoft, Accenture, hingga Airbnb.

Menanggapi penghargaan itu, CEO dan pendiri Nadiem mengaku terkejut. Dalam pernyataan resminya, ia merasa predikat itu diraih berkat kolaborasi mitra pengemudi, mitra UMKM, karyawan, pelanggan, dan pemerintah.

“Penghargaan ini memotivasi kami untuk terus berkomitmen memberikan kontribusi positif terhadap visi pemerintah agar Indonesia dapat menjadi kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2020, sesuai yang diutarakan oleh Presiden Joko Widodo,” imbuh Nadiem.

Go-Jek masuk dalam daftar 50 perusahaan yang berdampak bagi dunia menurut majalah Fortune. Foto: CNN Indonesia/Alfani Roosy Andinni
info gambar

Daftar "Change the World" dibuat oleh Fortune untuk memberi penghargaan kepada perusahaan-perusahaan dengan dampak sosial yang positif melalui strategi bisnis utamanya.

Lewat situs resmi Fortune, disebutkan bahwa daftar ini diprioritaskan untuk perusahaan yang memiliki pendapatan tahunan di atas 1 miliar dolar AS (setara Rp 13,2 triliun).

Ada ribuan perusahaan yang jadi kandidat daftar Change the World ini. Seleksinya pun tidak mudah. Bahkan, untuk menentukan kandidat saja, Fortune bekerja sama dengan berbagai firma konsultasi dan riset independen, seperti FSG dan Shared Value Initiative.

Perusahaan kandidat selanjutnya dinilai dengan tiga kriteria utama, yakni soal dampak sosial yang terstruktur, nilai bisnis, serta tingkat inovasinya.

"Beberapa nama dalam daftar yang terpilih ini sudah banyak dikenal, namun kami juga menyorot berbagai perusahaan yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya, namun mampu membantu mengatasi masalah sosial dan tantangan lainnya," ucap Matthew Heimer, Features Editor Fortune dalam video resmi Change the World.

Tampilan aplikasi Go-Jek versi terbaru. Foto: Yoga Hastyadi Widiartanto/ KOMPAS.com
info gambar

Dalam daftar Change the World tersebut, Fortune menyebutkan bahwa Go-Jek adalah startup asal Indonesia yang menyediakan layanan antar sesuai permintaan pengguna, mulai dari ojek, makanan, kecantikan, dan masih banyak lagi.

Menurut Fortune, “Go-jek telah mendorong ekonomi perkotaan--kota yang terkenal macet seperti Jakarta dan meningkatkan penjualan para pengusaha kecil yang terdaftar di platformnya.”

Dirilis sebagai aplikasi mobile pada tahun 2015, Go-Jek kini memiliki lebih dari 300.000 pengemudi yang mendapatkan akses ke asuransi, pelatihan keselamatan, dan kredit.

Sebelumnya, GO-JEK juga mendapatkan penghargaan dalam Bank Indonesia Awards sebagai Perusahaan Fintech Teraktif Pendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) Inklusi dan Edukasi Keuangan serta Pemberdayaan UMKM.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini