Juara Umum ASEAN Para Games 2017, Atlet Indonesia Diarak Menggunakan Jip dan Bus

Juara Umum ASEAN Para Games 2017, Atlet Indonesia Diarak Menggunakan Jip dan Bus
info gambar utama

Sebanyak 196 atlet beserta 82 pelatih dan ofisial National Paralympic Committee (NPC) tiba di Bandar Udara Adi Soemarmo Solo, Jawa Tengah, pada Minggu (24/9/2017) sore.

Mereka datang sebagai juara umum ajang ASEAN Para Games 2017 yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 17-23 September.

Secara keseluruhan, kontingen Indonesia sukses meraih 126 medali emas, 75 medali perak, dan 50 medali perunggu.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menyambut kedatangan atlet Indonesia di Solo, Jawa Tengah. Foto: Kemenpora
info gambar

"Dengan gelar juara umum ini, semuanya harus lebih dipacu lagi, lebih dihormati, dan dihargai, untuk menyongsong Asian Para Games 2018," ucap Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi di sela acara penyambutan para atlet, seperti yang dikutip oleh Bola.

"Luar biasa perjuangan seluruh kontingen, terima kasih atas dukungan seluruh rakyat Indonesia, secara hitung-hitungan Indonesia tidak akan terkejar, dan kita pasti juara umum," kata Ketua Kontingen Indonesia, Bayu Rahadian, sebagaimana dilansir situs resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga yang dikutip BBC Indonesia.

Presiden Komite Paralimpiade Nasional (NPC) Indonesia Senny Marbun menyebut gelar juara umum di ASEAN Para Games ke-9, Malaysia, sudah sesuai dengan prediksi.

Menpora sambut kedatangan Atlet ASEAN Para Games 2017 di Bandara Adi Sumarmo. Foto: Breakingnews
info gambar

"Saya yakin sedari awal Indonesia akan juara. Selain karena sudah mengetahui kekuatan dan kelemahan lawan, pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga juga memberikan dukungan maksimal baik dari segi waktu persiapan hingga peralatan," ujar Senny pada Antara.

Kontingen Merah Putih disambut dengan meriah saat tiba di Solo. Para atlet dan ofisial diarak dengan menggunakan mobil jip, bus, dan sepeda motor menuju Hotel Lor In Solo.

Imam turut mendampingi para atlet dalam konvoi tersebut. Turut hadir pula Plt Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Yuni Poerwanti, Walikota Surakarta Fx Hadi Rudyatmo, sejumlah mahasiswa, serta keluarga atlet.

Arak-arakan atlet ASEAN Para Games 2017. Foto: Kemenpora
Arak-arakan atlet ASEAN Para Games 2017. Foto: Kemenpora

Sepanjang perjalanan menuju hotel, rombongan melambaikan tangan kepada masyarakat yang menyaksikan di pinggir jala

Kesuksesan Indonesia di ASEAN Para Games ke-9 memperlihatkan para atlet difabel bisa mengharumkan nama bangsa dan negara dari olahraga.

Selama kurang dari sepekan ASEAN Para Games berlangsung, kontingen Indonesia telah memecahkan 36 rekor yang terbagi dalam tiga cabang olahraga, yaitu renang, angkat besi, dan atletik.

Foto: Kemenpora
info gambar



Senny mengatakan pada Antara, "Karena itu kami ingin negara tidak menganggap kami sebagai beban. Untuk para orang tua juga saya berharap agar tidak menyembunyikan anaknya yang difabel di dalam rumah.

“Biarkan mereka mengasah bakat yang dimilikinya," kata Senny, yang dalam bergerak selalu menggunakan kursi roda.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini