Wisata Danau Tempe

Wisata Danau Tempe
info gambar utama

Menjadi penghasil ikan air tawar terbesar di Indonesia, Danau Tempe terletak di bagian barat Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, tepatnya di kecamatan Tempe, Belawa, Tanah Sitolo, Maniangpajo, dan Sabbangparu. Danau yang memiliki luas sekitar 13 hektar ini memiliki bermacam-macam jenis ikan air tawar yang melimpah, bahkan danau ini juga memiliki beberapa spesies endemik ikan tawar yang tidak dapat ditemui di tempat lain. Di Danau Tempe, anda juga dapat melihat ratusan rumah terapung yang dihuni oleh para nelayan, tidak hanya rumah, berdirinya mesjid terapung di Danau Tempe juga menjadi keunikan yang jarang kita jumpai di indonesia.

Jika berminat, kalian dapat menjelajahi Danau Tempe ini dengan menggunakan perahu yang disewakan oleh masyarakat setempat, untuk sekali perjalanan, anda akan dikenakan biaya sekitar 100 ribu rupiah. Di dalam perjalanan, anda juga dapat menjumpai berbagai macam bunga air serta beberapa jenis burung yang jarang ditemui. Burung-burung tersebut berpindah dari satu benua ke benua yang lain, dan Danau Tempe menjadi tempat persinggahannya.

Untuk menarik perhatian wisatawan, Pemerintah kabupaten Wajo mengadakan festival Danau Tempe yang diselenggarakan setiap bulan Agustus. Pada perayaan ini, anda akan dapat melihat berbagai macam lomba, seperti lomba perahu tradisional, perahu hias, pemilihan ana’ dara (gadis) dan kallolona (pemuda) Tanah Wajo, padendang (menabuh lesung), pagelaran musik tradisional dan tari bissu yang dimainkan oleh para waria, dan berbagai pagelaran tradisional lainnya. Selain lomba, masyarakat setempat juga mengadakan ritual mensucikan danau yang biasa disebut dengan Maccera Tappareng yang ditandai dengan pemotongan sapi yang dipimpin oleh ketua nelayan setempat.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Sumber:

https://media.iyaa.com/article/2015/01/Festival-Danau-Tempe-Pesta-Rakyat-Masyarakat-Wajo-3381368.html

https://wisatasulawesi.com/wisata-danau-tempe-unik-dan-menakjubkan/

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini