Desainer Busana Muslim Indonesia Siap Pamer Karya di Turki dan Dubai

Desainer Busana Muslim Indonesia Siap Pamer Karya di Turki dan Dubai
info gambar utama

Banyak perancang muslim Indonesia yang meningkatkan eksistensi mereka dengan pamer karya di luar negeri. Jelang akhir tahun, desainer busana muslim berencana ikut show di Turki dan Dubai. Seperti sepuluh desainer yang namanya sudah eksis di Indonesia ini.

Dijembatani oleh Think Fashion, Irna Mutiara, Anggia Mawardi, Jawhara Syari, Sazy Zahra, #Markamarie, dan Applecoast Noore, rencananya akan tampil di Indonesia Experience Istanbul, Turki.

Sedangkan desainer yang akan pamer karya di Dubai Modest Fashion Week adalah Sumayya & SSS, Devi Janeeta, Sad Indah, Anggia Mawardi, dan Padusi.co. Para desainer memang dibagi menjadi dua sesi untuk acara Indonesia Experience Istanbul Turki dan Dubai Modest Fashion Week.

Think Fashion akan bawa sejumlah desainer Indonesia ke Turki dan Dubai. Foto: CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari
info gambar

Penggagas Think Fashion yang merupakan diaspora Indonesia Franka Soeria dan Ozlem Sahin asal Turki mengatakan ingin industri fashion Tanah Air khususnya modest wear bisa menembus pasar Turki.

"Turki itu cara jualannya bagus banget. Nah aku juga ingin membuka mata Turki bahwa modest fashion itu kreatif dan beragam. Mereka juga lihat kalau desain Indonesia wow banget dan mereka excited sama Indonesia," ujar Franka pada Detik.com.

Masing-masing desainer tersebut memiliki desain dan karakter busananya sendiri. Irna Mutiara dari Irna La Perne menggabungkan 2 -3 item busana dan memadukannya menjadi sebuah gaun pengantin dengan warna dasar hitam.

Foto: Sari Afifah/Dream.co.id
info gambar



"Ini desain busana pengantin yang ekonomis, jika salah satu bagian diambil, bisa untuk pergi ke pesta juga," jelas Irna Mutiara pada CNN Indonesia di sela-sela trunk show.

Berbeda dengan Irna Mutiara, Sazy Zahra terinspirasi oleh fauna endemik Papua, yakni burung puyuh salju. Burung yang hidup di Taman Nasional Lorentz ini terancam habitatnya di alam liar, sehingga Sazy ingin agar ada perhatian lebih baik dari masyarakat maupun dari pemerintah.

"Tema saya 'Quails is the new swan', kebanyakan fashion designer itu mengambil inspirasi dari cendrawasih, angsa, kasuari, padahal ada fauna endemik lain," katanya pada CNN Indonesia.

Franka menilai busana muslim Indonesia dapat dinikmati masyarakat dunia.

Think Fashion akan bawa sejumlah desainer Indonesia ke Turki dan Dubai. Foto: CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari
info gambar

"Indonesia dapat menjadi sumber ide para muslimah di dunia untuk bergaya," kata Franka saat ditemui Dream.co.iddi Senayan City, Jakarta Selatan.

Meskipun baru pertama kali digelar, namun Franka optimis jika Modest Fashion Week akan sukses. Apalagi model berhijab dunia, Halimah Aden akan ikut meramaikan gelaran panggung show busana muslim tingkat global itu.

Akhir-akhir ini, nama Halimah memang tengah berkibar. Dikenal sebagai model muda berdarah Somalia-Amerika yang sedang bersinar setelah menjadi model berhijab pertama yang menjajal panggung fashion Kanye West.

"Saya memberikan kesempatan yang sama pada semua orang, untuk mengeksplor potensi pasar luar negri dengan cara yang efektif," pungkas Franka.



Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini