21 Sampel Perubahan Sosial Budaya Komplit

21 Sampel Perubahan Sosial Budaya Komplit
info gambar utama

Misal Perubahan Sosial Budaya – Wah masih belajar nih? Yee. Bagus kalau gitu, kawan-kawan sedang belajar mengenai Ilmu Pengetahuan Sosial? Sip, karena kita hendak bahas terkait perubahan sosial.

misalnya sebelumnya kita sudah pernah membahas mengenai definisi perubahan sosial budaya yang seputar faktor dan proses perubahannya sekarang tinggal kita mencari misal perubahan sosial budaya. Sebelum kita melompat ke contoh-contohnya, kita bahas dahulu pengertianya.
Pengertian Perubahan Sosial Budaya :
Oke kalau kalian udah inget dan paham terkait definisi perubahan sosial budaya, sekarang dilanjutkan kita fokus ke Contoh perubahan sosial budaya dari Eduspensa.id


Misal Perubahan Sosial Budaya
Oiya anda juga bisa baca mengenai dampak perubahan sosial budaya supaya lebih paham contoh-contoh perubahannya, apabila sudah berikut inilah 18 contoh perubahan sosial budaya di mana sudah kami kumpulkan :
1. Cara Berkomunikasi
Pesatnya teknologi informasi beserta komunikasi membawa perubahan yang besar dalam cara kita berkomunikasi. Dulu kita sering melakukan surat-menyurat, dikirim terus menunggu balasan, misalnya apes mungkin surat kita terkirim ke orang lain.
Lain dengan sekarang sangat mudah, pakai smartphone dan Komputer kita bisa berkomunikasi secara kilat dengan berbagai macam aplikasi.

2. Pakaian
Karena pengaruh modernisasi serta globalisasi, masyarakat mulai menyesuaikan cara berpakaian mereka.
Dahulu masyarakat kerap memakai baju tradisional atau pakaian adat daerah masing-masing, kalau sekarang mereka mengenakan baju bisa karena mengikuti trend atau sekedar mau mengenakan sesuai selera mereka.

3. Gaya Hidup
Gaya hidup kebanyakan orang juga berubah, ada yang memilih gaya hidup yang baik seperti vegetarian. Tetapi ada pula yang sesat seperit memakai narkoba.

4. Pertanian
Ada petani yang jeli memanfaatkan pergantian sosial budaya dengan teknik meningkatkan produktifitas kerjanya melalui teknologi yang sudah modern namun ada juga yang tidak.
Selain itu kejadian di Indonesia bisa disimpulkan dalam sektor pertanian menjadi menurun karena cenderung suka membeli produk hasil negara lain ketimbang dengan produk lokal.

5. Westernisasi
Westernisasi disebut juga kebarat-baratan sudah tak dianggap hal jarang untuk ditemukan, bahkan di Indonesia ini sudah lama terjangkit, misalnya\contohnya masuknya budaya Halloween ataupun Valentine yang kontroversial.

6. Ekonomi
Dalam wilayah ekonomi, hampir menyinggung seperti ekonomi. Contohnya saja masyarakat lebih memutuskan liburan ke luar negri daripada dalam negri. Memilih barang brand luar negeri dibanding negara sendiri.

7. Kepercayaan (Religi)
Contoh kejadian, dahulu bangsa Indonesia berpegang teguh pada ajaran leluhur mereka yang sudah tiada, tapi sekarang mereka mengutamakan logika dan dengan fakta-fakta yang telah ada.

8. Gaya Hidup
Semakin kesini masyarakat lebih mengutamakan membeli sesuatu daripada membuat sesuatu, bisa saja karena kita terlena dengan teknologi yang ada.

9. Perilaku
Di kasus ini banyak contoh anak yang suka membantah kepada Ayah Ibu mereka.

10. Emansipasi Wanita
Emansipasi wanita makin berkembang, di negara kita waktu dulu wanita hanya berperan sebagai pendukung di famili yang kerjaanya dalam rumah terus. Kini mereka boleh bekerja sesuai ketrampilan mereka.

11. Masyarakat Makin Kritis
Kemajuan informasi terus berkembang, berbagai media cetak online maupun offline banyak beredar. Tetapi kita harus bisa mengolah informasi yang ada dengan peristiwa yang memang terbukti valid.

12. Potongan Rambut
Banyak anak sekolah yang suka menyamai artis kesukaan mereka sehingga menimbulkan efek “hitz” dalam pergaulan mereka. Namun juga harus dalam pengawasan yang betul supaya apa yang mereka lakukan tidak over.

13. Kesenian
Karena banyaknya macam kesenian yang masuk dari negara lain, terdapat kesenian asli dari Indonesia sudah terbatas ditemukan. Namun tetap saja masih ada yang terkenal dan dilestarikan hingga saat ini.

14. Permainan
Dalam masalah permainan juga ditemukan banyak kejadian permainan asal Tanah Air yang hilang. Kami sudah tidak menemui permainan congklak ataupun sundamanda di tempat sini, cukup banyak yang mengutamakan bermain online game contohnya DOTA maupun game console.

15. Bahasa
Contoh pengalihan ragam sosial yang lainnya ialah penggunaan bahasa. Di Indonesia sendiri banyak orang yang telah kurang peduli terhadap bahasa khas mereka, bisa buktiin sendiri deh berapa orang yang menguasai pelajaran bahasa daerah di sekolamu.

16. Industri
Hadirnya revolusi industri membuat perubahan besar, tidak sedikit ketimpangan, pengangguran terus gerakan sosialis juga masih banyak lainnya.

17. Pendidikan
Contoh gampangnya seperti saat ini, anda yang sedang belajar di ibnuasmaradotcom dan media online lainnya. Proses belajar juga tidak usah dari bangku sekolah, referensi tidak sedikit bertebaran. Pada sekolah-sekolah khusus juga biasanya tersedia komputer buat pembelajaran.

18. Budaya
Tidak sedikit contoh budaya yang hilang disebabkan perubahan sosial budaya, berawal perayaan yang sebelumnya tidak ada di tanah air seperti valentine, kegiatan merayakan hari kelahiran dan sebagainya. Selain itu banyak anak-anak yang menerapkan budaya Jejepangan contohnya Cosplay.

19. Sopan santun
Karena keadaan masyarakat maupun latar belakang famili, sopan santun seseorang bisa tidak sesuai. Yang awalnya baik, sekarang dapat hilang rasa kesopanan mereka.

20. Linkungan Keluarga
Rumah daerah sepertinya sudah jarang dijumpai. Sekarang banyak masyarakat yang telah beralih dari rumah daerah jadi rumah modern maupun gedung apartemen.

21. Musyawarah
Sekitar tahun 1900an masyarakat Indonesia lebih memilih untuk memecahkan suatu kasus dengan sistem musyawarah. Semua peserta yang datang akan menyumbangkan pemikirannya dan juga pertimbangan.


Pemimpin dalam diskusi itu akan memutuskan dari yang telah mereka sepakati bersama.
Tapi mulai tahun 2000an, budaya seperti ini mulai hilang.

Kita yang menjadi generasi modern harus pintar menyikapi pergeseran budaya ini, jangan sampai terjebak ke dampak buruknya. Dari contoh perubahan sosial adat istiadat yang telah kita sampaikan tadi, apakah masih ada yang kurang?

Sekiranya iya, silahkan berkomentar atau beri pertanyaan yang relevan ya.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini