Makanan Khas Purwokerto

Makanan Khas Purwokerto
info gambar utama

Ada rencana buat Mengunjungi Purwokerto? kotayang populer akan kota keripik, kota transit juga kota pendidikan ini ternyata mempunyai bermacam-macam kuliner yang pasti meneteskan air liur lidah. Kuliner Purwokerto ini malahan telah benar-benar populer sebab rasanya yang dijamin nikmat. Apa saja sih kuliner unik Purwokerto tersebut?
Mendoan
Kuliner Purwokerto yang berupa cemilan tersebut amat populer, malahan tak cuma saja di daerah Purwokerto aja. Bahannya dari tempe yang terkandung protein nabati, tempe tersebut dipotong tipis-tipis lantas dilapisidibalut dengan adonan tepung terigu serta digoreng dengan minyak panas. Lebih lengkap lagi apabila tempe mendoan ini disajikan dengan cocolan kecap, sambal ataupun potongan cabe rawit.
Soto Khas Purwokerto, Soto Sukaraja
Diantara kota di Indonesia pastinya punya soto khas mereka masing-masing. Begitu juga dengan Purwokerto, yang memiliki soto bernama soto Sukaraja. Soto ini berbeda jika dibandingkan soto pada daerah yang lain sebab memakai ketupat, bumbu kacang dan kerupuk yang berbagai warna di atasnya. Dengan sedikit kaldu kental yang nikmat serta manis, pasti deh kamu bakaltambah menambah 1 porsi soto Sukarajaha tersebut lagi.

Lumpia

Jika di Semarang, lumpia dikenal sebagai makanan ringan. Sementara di Purwokerto, lumpia diketahui akan lauk yang mampu dikomsumsi bersama nasi. Lumpia Semarang beserta lumpia Purwokerto ini berbeda. Terutama pada ukurannya. Ukuran lumpia purwokerto lebih besar, dan disebut lumpia bom. Panjangnya bisa mencapai 15-20 cm dengan diameter 4-6 cm. Isian oleh lumpia ini pula gak memakai rebung, namun menggunakan sayuran segar, daging, telur atau juga seafood.
Soto Khas Purwokerto, Soto Sungeb
Kuliner Purwokerto berbentuk soto lainnya yaitu soto sungeb. Soto tersebut pula sama dengan soto Sukaraja karena memakai ketupat. Isi oleh soto sungeb tersebut adalah daging ayam, bihun, kerupuk mie kuning serta kerupuk merah.
Gethuk goreng purwokerto

Kuliner Purwokerto tersebut adalah camilan yang cukup diminati masyarakat. Gethuk yang dibikin dari umbi-umbian ini pada umumnya diolah secara langkah-langkah direbus, di Purwkerto gethuk tersebut diolah beserta cara digoreng. Terbuat oleh singkong ataupun ketela, lalu makanan tersebut dicampur secara gula jawa. Makanan khas ini amat enak jika dikomsumsi hangat-hangat sebagai temannya minum kopi dan teh.

Keripik Tempe

Selain mendoan, ada satu lagi makanan khas Purwokerto yang bahannya dengan tempe, yakni keripik tempe. Keripik tempe tersebut terbuat dari potongan tempe yang benar-benar tipis, kemudian dilapisi tepung dan digoreng hingga teksturnya benar-benar renyah. Makanan ini dapat dengan gampang anda temukan di toko yang menjual oleh-oleh.

Bakmi

Bakmi Purwokerto tersebut tidak sama dengan bakmi yang lain. Perbedaannya yaitu bakmi tersebut memakai mie lebar sama dengan kwetiau. Diolah dengan menggunakan bumbu di dari tungku yang ada arang, menjadikan bakmi ini tambah harum baunya. Bakmi ini mampu dipilih berdasarkan apa keinginan anda, yakni bakmi goreng, bakmi rebus maupun bakmi versi nyemek.

Versi nyemek tersebut yaitu bakmi goreng yang dicampurkan kuah.
demikan kuliner Purwokerto yang mesti kamu rasakan, sebab dijamin lidah kamu akan bergoyang karena amat nikmatnya.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini