Indonesia Pelangi

Indonesia Pelangi
info gambar utama

Warna-Warni Budaya Nusantara, Indonesia Pelangi

“Indonesia raya

Merdeka-merdeka

Tanahku negriku yang kucinta

Indonesia raya

Merdeka-merdeka

Hiduplah Indonesia raya..”

-Indonesia Raya, oleh W.R. Supratman-

Itulah kumandang lagu kebangsaan kita, ‘Indonesia Raya’ yang pertama kali diperdengarkan pada 17 Agustus 1945 yang membuka lembaran hidup baru bagi warga dan kehidupan Negara Republik Indonesia.

Para leluhur kita yang merasakan kehidupan seorang warga berbangsa Indonesia dibawah penjajahan berbagai negara. Para pahlawan-pahlawan negara yang membela negara hingga titik darah penghabisan untuk melepaskan negeri tercinta kami dari ikatan-ikatan penjajahan yang membayangi negeri kita sejak abad-abad lalu. Para warga yang ikut serta membela NKRI serta tokoh-tokoh nasional yang ikut serta membela negara.

Dengan terbentuknya persatuan negara, terbentuklah suatu kekuatan yang sangat kuat secara kekuatan hingga keagamaan yang menjadi potensi, semangat, dan rasa patriotisme untuk membawa Indonesia kedepan pintu kemerdekaan. Banyak leluhur kita yang tewas akibat pertempuran menuju kemerdekaan. Sabotase-sabotase yang dilakukan oleh sekutu untuk menghindari kemerdekaan kita bertubi-tubi datang bak rintik hujan deras yang tak berhenti.

Dengan perjuangan yang sangat kuat, dan didorong dengan tekad serta doa, lahirlah sebuah negara berkebangsaan yang diakui oleh seluruh dunia. Pada tanggal 17 Agustus 1945, seluruh mata dunia tertuju pada suatu peristiwa – lahirnya suatu negara: Indonesia.

Indonesia, itulah nama negeri tercinta kita. Bendera berwarna Merah dan Putih yang melambangkan keberanian dan kesucian tanah air. Indonesia terdiri dari persatuan ribuan pulau dengan keanekaragaman serta tradisi-tradisi dan personanya masing-masing. Eloknya negeri ini disertai pemandangan yang asri, budaya-budaya yang unik dan menjadi ciri khas tiap suku atau daerah, serta masyarakat Indonesia yang terkenal akan keramahannya terhadap orang-orang disekitarnya. Jika satu negara biasanya berbicara paling tidak satu atau dua bahasa, berbeda jauh dengan Indonesia. Ada lebih dari 1000 macam bahasa diucap tiap harinya di negeri ini. Percakapan-percakapan yang berlangsung tiap hari dapat terdengar asing di telinga kita, tapi tidak bagi mereka yang sudah terbiasa menggunakan dan mendengarnya.

Apakah hanya bahasa saja yang melukiskan keberagaman kita? Tentunya tidak.

Indonesia terkenal akan kekayaan alam yang tiada duanya. Tak hanya pemandangan saja yang menjadi perhatian dunia, namun juga keberadaan area hijau yang luas serta pegunungan-pegunungan yang terlihat indah berdiri tegak sejauh mata memandang.

Kekayaan alam yang disertai keunikan suatu daerah merupakan suatu kombinasi yang mematikan yang dapat dengan mudah memikat hati siapapun yang melihatnya. Salah satu contoh yang sangat terkenal hingga pelosok dunia adalah Bali.

Pulau Dewata atau yang lebih akrab disapa sebagai Pulau Bali adalah salah satu lokasi wisata yang terkenal ke seluruh penjuru negara. Keindahan alam serta lokasi pantai-pantai yang menjadi ciri khas Pulau Dewata dengan mudahnya memikat hati tiap orang yang sekilas melihatnya. Tak hanya itu, Bali juga terkenal akan legenda-legenda serta tradisi-tradisi yang menjadi suatu kisah tersendiri ketika mengunjungi Pulau Dewata.

Keramahan warga lokal dengan para turis serta komunikasi yang baik dan ramah menjadi salah satu kunci keelokan pulau ini.

Selain Bali, ada banyak situs-situs sejarah yang memiliki keunikan dan ceritanya tersendiri. Salah satu lokasi bersejarah di Indonesia ialah Candi Borobudur yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selesai dibangun pada sekitar tahun 800 masehi, Candi Borobudur telah menjadi ikon unik daerah Yogyakarta. Tak sedikit turis dan warga lokal yang datang berkunjung. Yogyakarta tidak hanya memiliki satu stius candi bersejarah, masih ada puluhan situs candi yang tersebar di daerah ini. Tak hanya itu, DI Yogyakarta juga terkenal akan makanan daerahnya yang sangat menggugah selera. Apalagi kalau bukan Gudeg Yogyakarta. Santapan daerah hasil olahan buah nangka dan kelapa mempunyai rasa gurih yang khas.

Santapan. Betul sekali. Tidak afdol jika tidak berbicara tentang makanan Indoneisa. Makanan-makanan khas Indonesia memang tiada duanya. Sudah menjadi sebuah kebanggan tersendiri ketika makanan-makanan khas Indonesia terkenal dan menjadi santapan kesukaan para warga di negera lain. Tak hanya itu, cita rasanya yang menggoda lidah seakan-akan membuat kita jatuh cinta pada hasil olahan tangan-tangan berkemampuan luar biasa.

Sudah tidak asing lagi jika kita memiliki sesuatu yang tidak dapat ditemukan di negari lain pada jaman dulu. Apalagi kalau bukan bumbu-bumbu yang telah dan selalu menjadi ikon Indonesia tersendiri pada jaman dulu hingga sekarang. Tak sedikit negara asing yang datang untuk bertukar produk untuk mendapatkan bumbu-bumbu khas Indonesia. Rempah-rempah yang memberikan cita rasa yang kuat dan membuat tiap olahan masakan menjadi lebih lezat. Sudah sangat terbiasa jika kita menyantap makanan daerah yang rasanya begitu kuat dan nikmat, itulah imbas kegunaan rempah-rempah ini.

Dunia dibuat gempar oleh suatu karya Indonesia – masakan. Masakan Indonesia dinobatkan sebagai makana terlezat nomor satu sedunia. Apakah makanan itu?

Makanan itu adalah rendang daging. Rendang daging adalah makanan khas daerah Padang yang terbuat dari olahan santan dan daging serta dibumbui oleh rempah-rempah yang gurih. Cita rasanya yang khas dengan bumbu yang nikmat serta daging yang empuk dapat dengan mudahnya mencuri tiap orang yang menyantapnya. Diperlukan waktu yang lama untuk mengolah dan memasak rendang, namun, hasil akhirnya selalu tidak mengecewakan.

Paduan rempah-rempah yang berkualitas tinggi serta diolah oleh tangan-tangan berpengalaman membuat tiap santapan rmakanan ini menjadi suatu cerita tersendiri.

Ada pula juga negara yang datang untuk menjajah Indonesia untuk mendapatkan seluruh rempah-rempah yang kita miliki. Karena pada saat itu, Indonesia merupakan produsen dan pusat penanaman rempah-rempah yang dulu belum banyak diketahui oleh masyarakat dunia.

Tidak hanya itu, para penjajah juga datang untuk mendapatkan kekayaan alam yang kita miliki terutama daerah pepohonan serta lahan pertanian yang luas. Keasrian alam yang disertai dengan kehidupan alam terbuka yang dihuni oleh hewan-hewan yang hidup dalam ketenangan dan kedamaian.

Jika negara-negara diluar mempunyai binatang ikon mereka tersendiri, misalnya negara Australia yang mempunyai ikon Koala dan Kanguru, Indonesia juga mempunyai binatang-binatang khas negaranya tersendiri. Bukan hanya satu atau dua, tapi puluhan.

Contoh-contoh binatang yang menjadi ciri khas Indonesia ialah: Orangutan, Komodo dan Badak Jawa.

Mungkin pemikiran ini sempat melewati pikiranmu, ‘Apa istimewanya binatang-binatang itu dibandingkan yang lain?’

Binatang-binatang tersebut tak hanya menjadi binatang khas Indonesia, mengapa? Binatang-binatang tersebut telah dicap sebagai spesies fauna yang hampir punah.

Habitat orangutan yang berada di pulau Kalimantan memang telah mendapatkan banyak masalah. Diantaranya ialah pembakaran hutan yang terjadi secara alami (yang disebabkan oleh cuaca panas dan terik) ataupun oleh manusia.

Binatang komodo yang dijuluki sebagai ‘Naga’ pun ikut terancam punah. Namun, daerah habitat mereka berbeda. Komodo mempunyai pulaunya tersendiri di Pulau Komodo yang terletak di Indonesia Timur. Hampirnya punah binatang ini disebabkan oleh pemburu ilegal yang ingin mendapatkan kulit atau bagian tubuh lainnya yang dapat diolah menjadi suatu kerajinan yang berharga jutaan.

Badak Jawa yang terletak dipulau Jawa dimana pusat keramaian negara pun ikut terancam punah. Badak Jawa sering diburu untuk tanduknya. Tak jarang banyaknya kasus pemburuan liar yang mengakibatkan turunnya populasi Badak Jawa. Dan angka-angka tersebut terus berkurang hingga sekarang.

Apakah tindakan-tindakan yang dilakukan untuk menanggulangi kejadian-kejadian tersebut?

Pemerintah Indonesia terbuka matanya ketika mengetahui bahwa adanya spesies fauna khas negara yang populasinya mulai berada di kondisi krisis. Pengambilan tindakan konservasi serta diperketatnya penjagaan, pengawasan dan perawatan habitat-habitat dimana binatang-binatang tersebut tinggal.

Tak hanya itu, secara hukum, adanya peningkatan sanksi pidana bagi pihak yang terlibat dalam kasus pemburuan satwa-satwa terlindungi.

Apakah hanya semua itu yang mewarnai budaya nusantara Indonesia? Belum lengkap rasanya jika belum membahas tentang masyarakat Indonesia tersendiri.

Masyarakat Indonesia terkenal akan keramahannya serta rasa hormat yang sangat dijujung tinggi.

Tiap individu mempunyai harga moral dan rasa hormat yang tinggi kepada sesama dan terutama kepada yang lebih tua. Tidak hanya itu, berkomunikasi dengan bahasa yang baik serta hangatnya kebersamaan dalam keberagaman yang selalu dijunjung tinggi. ‘Bhinneka Tunggal Ika’, berbeda-beda tapi sama. Itulah junjungan negara serta warganya. Perbedaan merupakan suatu keindahan tersendiri, terutama saat sebuah hubungan dapat dibangun dalam sebuah kebersamaan.

Masyarakat Indonesia adalah orang-orang yang pekerja keras, tidak pernah menyerah, dan selalu berjuang. Menjunjung undang-undang dan pancasila setinggi-tingginya sebagai suatu panutan. Tidak hanya Pancasila dan konstitusi negara saja, agama turut serta menjadi fondasi pembangunan karakter masyarakat serta menjadi fondasi pembangunan negara. Perbedaan agama bukanlah suatu halangan untuk persatuan. Seperti apa yang tertulis pada sila ketiga pada Pancasila negara: ‘Persatuan Indonesia’. Perbedaan bukanlah suatu penghalang untuk menciptakan suatu kebersamaan dan hubungan antar masyarakat melainkan suatu kekuatan dan keunikan yang mengkokohkan suatu relasi antar masyarakat yang dikembangkan menjadi sebuah persatuan negara.

Indonesia bagaikan sebuah pelangi menawan di langit yang biru.

Terbuat dari berbagai warna, berbagai perbedaan. Tapi, perbedaan tersebut menciptakan suatu persatuan dan keindahan.

Tapi, Indonesia bukanlah hanya sebuah pelangi yang memiliki tujuh warna, melainkan, jutaan warna yang menciptakan suatu keindahan yang menakjubkan bagi siapa saja yang melihatnya.

Aku Indonesia

Aku tidak terdiri hanya dari satu warna

Akulah semua warna

Kami lah semua warna

Yang meciptakan satu Indonesia

Indonesia Pelangi.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini