Selamat ! Telah Dibuka Pusat Peragaan IPTEK di Kota Mangga, Indramayu

Selamat ! Telah Dibuka Pusat Peragaan IPTEK di Kota Mangga, Indramayu
info gambar utama

Hari ini adalah momen bahagia bagi Kota Indramayu, karena Bupati Indramayu, Anna Sopranah baru saja meresmikan Gedung Pusat Peragaan IPTEK Mutiara Bangsa pagi tadi (9/10).

penampakan ruang depan
info gambar

Keberadaan Gedung Rumah Iptek Mutiara Bangsa atau masyarakat Indramayu menyebutnya Gedung Kuning terletak di Kawasan Wisata Bojongsari, memiliki luas tanah sebesar 4 hektar dan bangunan berukuran 200 meter persegi. Gedungnya mendapat dukungan sepenuhnya dari pemerintah setempat sejak dari rencana proyeknya di tahun 2008 dan berhasil diresmikan pada 9 Oktober 2017.

Di gedung PP Iptek Mutiara Bangsa, terdapat lebih dari 40 alat peraga yang membantu pelajar dan masyarakat mengetahui prinsip science. Ada 10 ruangan diorama (maket atau miniatur suatu kejadian atau tempat) dengan tema-tema yang khas dari Indramayu seperti pertanian, perkebunan, perikanan, kelautan, budaya, migas dan sejarah.

Ada ruangan Wonder World sebanyak 7 ruangan yang terdiri dari ruangan besar-kecil, ruang mirror, ruang terbalik, 4 ruang 3D art dan bioskop 4D yang tidak mungkin kamu lewatkan jika berkunjung ke Gedung Kuning ini. Saat acara pembukaan pun, masyarakat antusias dan berfoto di ruangan 3D art.

masyarakat mulai memadati tenda ketika acara akan dimulai
info gambar

Serangkaian acara pembukaan yang telah dilaksanakan antara lain : pertunjukkan tarian khas Indramayu, kata sambutan dari Bupati Indramayu, penandatanganan oleh Bupati, peluncuran roket rakitan serta pemotongan tali bunga sebagai tanda peresmian gedung. Acara ini dihadiri kurang lebih 300 orang dengan semangat dan antusias.

proses pemotongan pita oleh Bupati Indramayu
info gambar

Nah, berikut ini beberapa ruangan 3D yang bisa kamu intip disini :

ruangan 3D nuansa taman
info gambar
ruang 3D dengan nuansa alam
info gambar
hasil mural gambar kota mangga
info gambar
Hasil mural pulau biawak
info gambar


Setiap ruang 3D dan dinding sepanjang lorong masuk dan keluar di gambar oleh Mico Prasetya dan memakan waktu pengerjaan hingga 2 bulan. “Ini bisa jadi modal dan langkah yang besar untuk anak-anak (Indramayu khususnya) dalam pembelaaran dan peningkatan pengetahuan iptek dengan cara yang menarik. Dan tentu pada akhirnya bisa mengembangkan Indonesia sendiri, mulainya dari Indramayu”, ujarnya pada penulis kawan GNFI.

Buat anda yang berkesempatan liburan di Indramayu, jangan lupa mencicipi mangga khasnya dan pergi mengunjungi Gedung Kuning yah. Sekali lagi, selamat untuk kota Indramayu !

sumber foto oleh Mico Prasetya

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini