Pengusaha-Pengusaha Arab Saudi Minati Produk-Produk Indonesia di TEI 2017

Pengusaha-Pengusaha Arab Saudi Minati Produk-Produk Indonesia di TEI 2017
info gambar utama
Indonesia saat ini menjadi banyak perhatian pengusaha dunia sebagai tujuan perdagangan dan investasi. Perhatian tersebut datang dari berbagai negara tidak terkecuali dari Arab Saudi yang pada Trade Expo Indonesia 2017 akan dihadiri oleh banyak delegasi bisnis.

Sebagaimana rilis yang diterima GNFI, Pelaksana Fungsi Ekonomi KJRI Jeddah, Agus Muktamar mengungkapkan bahwa setidaknya terdapat 100 delegasi bisnis yang hadir dalam TEI tahun ini. Besarnya minta para pengusaha Arab Saudi tersebut tidak lepas dari peran Tim Ekonomi dan Perdagangan KJRI Jeddah dalam mempromosikan ajang pameran perdagangan terbesar di Asia Tenggara itu.

Promosi telah dilakukan tim KJRI sejak bulan Juli yang lalu dengan melakukan road show ke seluruh kantor dagang di wilayah Jeddah, Mekkah, Madina, Al Baha, Yanbu hingga Tabuk. KJRI juga melakukan promosi melalui iklan di harian lokal. Momen haji pun tidak ketinggalan dimanfaatkan oleh KJRI untuk mempromosikan TEI 2017 dengan media reklame pada dua belas bis transportasi jamaah haji Indonesia yang juga tampakbrandpariwisata kebanggan Indonesia, "Wonderful Indonesia".

Para delegasi pengusaha Arab Saudi saat pertemuan dengan Kemenlu (Foto: dok. kemenlu)
info gambar

Direktur Kantor Promosi Dagang Indonesia sekaligus Konsul Dagan KJRI Jeddah, Dr. Gunawan mengungkapkan bahwa minat para pengusaha Arab Saudi sangat beragam terhadap produk-produk Indonesia. Beberapa produk yang diminati antara lain adalah makanan olahan, perikanan hingga olahan kayu dan otomotif.

“Tahun ini empat produsen makanan Indonesia digaet partner-partner lokal Saudi untuk masuk pasar Arab Saudi, tahun lalu ban asal Indonesia mengikat transaksi besar. Pengusaha-pengusaha Arab Saudi mulai serius melirik Indonesia untuk mendatangkan produknya ke sini, jadi ajang TEI memang sudah mereka tunggu,” ungkap Dr. Gunawan.

Sementara itu pengusaha Arab Saudi grup Bin Mahfoudz, Mohammad al-Ghamdi mengungkapkan bahwa dirinya sudah tidak sabar untuk hadir dalam ajang ini. "Ini acara yang sangat kami tunggu-tunggu setiap tahunnya untuk mendapatkan ide-ide bisnis baru yang bisa kami bawa ke Arab Saudi," tuturnya.

TEI kali ini merupakan pameran yang ke-32 dan menghadirkan 1.100 perusahaan nasional yang menampilkan lebih dari 300 produk dan jasa. 16.000 pengunjung ditargetkan akan datang ke pameran yang berada di ICE BSD ini. Diharapkan US$ 1,1 Milyar transaksi terjadi selama pameran yang dilangsungkan sejak 11-15 Oktober 2017 ini.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini