Mercusuar Tua dan Daya Tarik Wisata Pulau Lengkuas

Mercusuar Tua dan Daya Tarik Wisata Pulau Lengkuas
info gambar utama

Wisata Pulau Lengkuas - Bersantai sejenak dari aktivitas sehari-hari tentu dibutuhkan oleh siapapun. Terlebih bagi masyarakat perkotaan yang disibukkan oleh pekerjaan kantoran. Seringkali jam kerja yang padat menimbulkan tekanan tersendiri bagi pikiran seseorang. Hal ini mungkin Anda alami juga, terutama di akhir bulan. Target penjualan yang tidak tercapai, laporan yang belum selesai atau keuntungan kantor yang kian menurun. Semua ini tentu saja membuat batin Anda tertekan luar biasa dan butuh rileks sejenak. Sayangnya sulit menemukan tempat yang cocok untuk sekedar melepas penat di perkotaan, terutama Jakarta. Tapi jangan khawatir, Indonesia masih menyimpan ratusan tempat wisata yang indah. Semuanya siap Anda jajal dan masukkan dalam destinasi wisata pulau Anda bersama rekan-rekan.

wisata pulau lengkuas

Wisata Pulau di Provinsi Bangka Belitung

Kali ini kita akan melipir sejenak ke provinsi Bangka Belitung. Provinsi yang mulai terkenal sejak penayangan film Laskar Pelangi ini memang sudah tidak diragukan lagi keindahannya. Anda akan dibuat terkesima dan tak berhenti berucap syukur saat berada disini. Bayangkan saja, ada begitu banyak pantai berhamparan pasir putih dengan ombak yang syahdu. Namun kita tak akan berkeliling pulau Bangka Belitung saja, ada pulau Lengkuas yang wajib Anda eksplor. Pulau yang tak begitu luas ini dapat Anda kelilingi hanya dalam waktu 20 menit. Menikmati wisata pulau disini pun terbilang masih minim, sebab masih sangat jarang pengunjung. Untuk menikmati pemandangan penuh pulau ini, Anda bisa menaiki mercusuar tua yang telah ada sejak zaman Belanda. Hingga saat ini, mercusuar tua tersebut masih beroperasi dengan layak.

Dari atas mercusuar, Anda bisa melihat pemandangan pulau Lengkuas. Menariknya lagi, wisata pulau ini menawarkan penangkaran penyu yang langsung dikelola oleh penjaga mercusuar. Anda bisa melihat-lihat sekaligus belajar tentang pemeliharaan penyu langsung dari ahlinya. Jika dirasa kurang menantang, Anda bisa mencoba spot diving yang ada di sekitar pulau Lengkuas. Laut di sekitaran pulau ini memang terkenal sangat indah, terutama terumbu karang yang hidup di dalamnya. Ada pula biota laut yang akan memanjakan mata Anda dan sekedar menghilangkan stres maupun penat. Untuk Anda yang tak suka menyelam, Anda bisa menikmati panorama batu granit unik yang ada di sepanjang bibir pantai.


Bila Anda tertarik mengunjungi pulau Lengkuas, mulailah susun rencana perjalanan. Persiapkan pula bekal secukupnya, sebab di pulau ini tidak terdapat penjual makanan maupun minuman. Itulah mengapa penjaga wisata pulau Lengkuas menghimbau pengunjung untuk membawa bekal minuman maupun air tawar yang cukup. Penjaga pulau pun mewanti-wanti wisatawan untuk tidak membuang sampah sembarang. Mengingat luas pulau ini yang sangat kecil, sehingga sampah akan lebih mudah menumpuk. Oleh karena itu, tetaplah jaga kebersihan dengan membawa kembali sampah sampai ke daratan pulau Belitung.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini