Pebalap Indonesia Cetak Sejarah dengan Jadi Juara di Sirkuit Jerez, Spanyol

Pebalap Indonesia Cetak Sejarah dengan Jadi Juara di Sirkuit Jerez, Spanyol
info gambar utama

Pebalap Yamaha Indonesia, Galang Hendra Pratama, secara mengejutkan mampu menjuarai seri terakhir World Supersport 300 (WSSP300) 2017 di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (22/10/2017).

Pencapaian ini tergolong mengejutkan karena Galang tampil di ajang WSSP300 2017 sebagai pebalap wild card untuk tim MOTOXRACING.

Pada balapan yang berlangsung selama 11 putaran itu, Galang yang start dari urutan ke-8 sukses mengungguli Scott Deroue (MTM HS Kawasaki) dan Alfonso Coppola (SK Racing).

Galang Hendra Pratama riding Yamaha YZF-R3 di World Supersport 300 seri Portugal. Foto: Pertamax7
info gambar

Galang Hendra turun di WorldSSP300 bersama Team MOTOXRACING Yamaha bLU cRU yang notabene di bawah naungan Yamaha Motor Eropa.

Yamaha Motor Eropa menyebutkan dalam pernyataannya, "Galang Hendra merupakan contoh luar biasa akan komitmen Yamaha untuk mengembangkan pembalap berbakat di seluruh dunia."

Seperti yang dilaporkan GridOto.com, WorldSSP300 adalah kelas pembuka di seri World Superbike (WSBK), motor yang dipertandingkan adalah sportbike berkapasitas mesin 300 cc.

Di balap ini, Galang Hendra turun menggunakan Yamaha YZF-R3, saudara kembar YZF-R25 yang dipasarkan di Eropa dengan kapasitas mesin lebih besar.

"Tadi saat balapan saya cuma yakin saja bisa menyalip lawan-lawan," kata Galang saat dihubungi langsung oleh Bolasport.com.

Galang Hendra Membalap di World Supersport 300. Foto: DetikSport
Galang Hendra Membalap di World Supersport 300. Foto: DetikSport

"Waktu lap terakhir saya masih di urutan ke-2. Kemudian saya coba salip lawan pada tikungan akhir," tutur pemuda 18 tahun asal Yogyakarta itu.

Berkat kemenangannya di Sirkuit Jerez, Galang mengakhiri WSSP300 2017 di posisi ke-14 klasemen dengan raihan 25 poin.

Secara keseluruhan, Galang tampil dalam dua seri balapan WSSP300.

Menjadi spesial, juara ini diraih Galang Hendra yang baru pertama kali tampil di trek Jerez, Spnyol yang memiliki panjang lintasan 4423 meter.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini