Menembus Keterbatasan Ilmu Bermodalkan Internet

Menembus Keterbatasan Ilmu Bermodalkan Internet

illustrasi pemanfaatan internet © shutterstock

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Bersyukurlah bagi seluruh generasi muda yang hidup di era digital karena sudah mengenal internet sejak kecil. Internet dengan segala potensi, peluang dan pengaruhnya sudah bersentuhan langsung dengan kehidupan sehari-hari kita.

Kemudahan ini juga dapat kita temui dibidang pendidikan. Khususnya bagi yang tidak dapat melanjutkan kuliah atau yang ingin menambah wawasan, kini telah ada Massive Open Online Course, sebuah tren sejak 2010 dimana kursus berbagai bidang ilmu dibuka secara umum dan gratis bermodalkan akses internet.

Data pengguna di 2016 saja pengguna internet sudah separuh penduduk Indonesia, tiap tahun akan lebih banyak yang bisa mengakses internet | sumber gambar : http://isparmo.web.id/2016/11/21/data-statistik-pengguna-internet-indonesia-2016/
Data pengguna di 2016 saja pengguna internet sudah separuh penduduk Indonesia, tiap tahun akan lebih banyak yang bisa mengakses internet | sumber gambar : http://isparmo.web.id/2016/11/21/data-statistik-pengguna-internet-indonesia-2016/

Sebagian dari kita mungkin pernah mendengar edX dan coursera, yakni website yang menyediakan layanan kelas kursus online gratis dari berbagai jurusan, ilmu dan universitas diseluruh dunia. Namun, karena skala dunia, maka website ini berbasis bahasa Inggris.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Kabar baiknya, sejak 2015, Indonesia juga punya model MOOC yakni indonesiax.co.id sebuah website yang menghubungkan beberapa kelas dari universitas di Indonesia. Bermodalkan computer dan internet, website ini memberi fasilitas materi dan video.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Atau bagi yang ingin mengembangkan soft-skill dibidang software computer seperti desain grafis, atau ilmu lainnya bisa belajar melalui sekolahpintar.com yang juga membuka model kelas online yang bisa diakses kapan saja. Sekolah pintar juga memberikan sertifikat bagi pengguna yang telah lulus menyelesaikan kursus online.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Dengan beragam kemudahan dari internet, kini yang menjadi PR generasi ini adalah kemauan untuk belajar dan berkembang serta berbagi pengetahuan dengan anak-anak lainnya agar pemerataan ilmu terlaksanakan. Karena mungkin di masa depan kelas online akan jadi tren, mari sama-sama membangun negeri ini menjadi lebih baik. We learn we share, salam kegerakan!


Sumber: conversation.com | sekolahpintar.com

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Memupuk patriotisme, mengenal alam Indonesia Sebelummnya

Memupuk patriotisme, mengenal alam Indonesia

Dasa Darma Pramuka jadi Rujukan Perilaku Komunitas Harley-Davidson Selanjutnya

Dasa Darma Pramuka jadi Rujukan Perilaku Komunitas Harley-Davidson

Julian Alsen
@julian

Julian Alsen

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.