Dua Bank Nasional Unjuk Kekuatan di Asia Tenggara

Dua Bank Nasional Unjuk Kekuatan di Asia Tenggara
info gambar utama

Perbankan Indonesia mulai unjuk kekuatan di pasar modal kawasan ASEAN. Di daftar terbaru, ada tiga bank nasional yang memiliki kapitalisasi pasar tak jauh dengan bank dari negeri tetangga. Dalam rilis terbaru Bloomberg (31/10), kapitalisasi pasar atau market cap PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mencapai US$ 37,61 miliar. Angka ini menempatkan BCA di peringkat dua Asia Tenggara, di bawah DBS Bank Ltd (Singapura) yang memiliki market cap terbesar bank di Asean yakni US$ 42,77 miliar.

Sementara itu, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) yang memiliki kapitalisasi pasar sebesar US$ 28,08 miliar berada di peringkat 4 Asia Tenggara. Angka ini mengungguli market cap bank dari Malaysia yakni Malayan Banking Bhd dengan nilai US$ 23,12 miliar dan CIMB Group Sdb Bhd senilai US$ 13,13 miliar.

Bank terbesar ketiga di Asia Tenggara ditempati oleh Oversea-Chinese Banking Corporation (OCBC). Bank yang berdiri pada Oktober 1932 ini memiliki market cap senilai US$36,6 miliar. OCBC Merupakan penggabungan dari tiga bank, yakni Chinese Commercial Bank, Ho Hong Bank Ltd, dan Oversea-Chinese Bank Ltd.

BCA | Infoperbankan.com
BCA | Infoperbankan.com

Bukan hanya BCA dan BRI yang mencatat kenaikan kapitalisasi pasar. Belakangan ini terjadi peningkatan cukup signifikan dari kinerja industri perbankan. Nah, kondisi ini yang membuat saham bank ikut naik. Seperti dikutip dari Kontan.co.id, BCA mencatat kredit tumbuh 13,9% menjadi Rp 439,65 triliun di kuartal III-2017. Targetnya, kredit mampu tumbuh 10%-12% di akhir tahun. Sedangkan, laba bersih tumbuh 11,3% menjadi Rp 16,84 triliun per kuartal III-2017.

Bank BRI | Tempo.co
info gambar

Sementara itu, kinerja BRI dari sisi laba dan kredit akan terus membaik hingga akhir tahun ini. Pada kuartal III 2017, BRI mencatat kenaikan kredit sebesar 10% menjadi Rp 694,20 triliun. Diiringi dengan pencapaian laba senilai Rp 20,54 triliun, seperti disampaikan oleh Direktur Keuangan BRI Haru Koesmahargyo seperti dikutip kontan.co.id

Sumber : Kontan.co.id | Infobank | Bloomberg

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini