Gagahnya Merah Putih Raksasa Pecahkan Rekor Dunia

Gagahnya Merah Putih Raksasa Pecahkan Rekor Dunia

Pengibaran Bendera Merah Putih © aktual.com

Indonesia kembali curi perhatian dunia dengan dikibarkannya bendera kebangsaan Indonesia, sang Merah Putih berukuran raksasa yakni 50 x 20 meter atau setara dengan 1.000 meter persegi. Berlokasi di Pantai Corong, Kelurahan Tanjung Tengah, Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), bendera raksasa ini dikibarkan pada 28 Oktober 2017 lalu, sekaligus memperingati hari Sumpah Pemuda. Bendera raksasa berhasil dibentangkan pada tiang bambu pionering setinggi 110 meter.

Tiang pionering kali ini dibangun menggunakan 2.500 batang bambu yang diikat dengan 4 ton tali pengikat, lalu disambung dengan 350 batang pohon Nibung dan 120 batang pohon kelapa. Pembangunan tiang pengibaran bendera telah dimulai sejak 10 Oktober lalu, melibatkan 60 personel dari Pramuka, TNI dibantu masyarakat serta berbagai organisasi kemasyarakatan. Ide awal pembangunan menara pionering tercetus saat pertemuan anggota Pramuka dan Penegak se-Kaltim di hutan Pinus, Desa Sesulu, Kecamatan Waru, beberapa bulan yang lalu.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Keterangan Gambar (© kaltim.tribunnews.com)

Ribuan warga dari berbagai penjuru kabupaten dan kota sekitar PPU antusias mengikuti prosesi perayaan momen ini. Sebelum serah terima bendera oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Setkab Penajam Paser Utara, Alimuddin di halaman Kantor Bupati, bendera terlebih dahulu diangkat dari dasar laut oleh petugas, kemudian dibawa ke darat dan digulung untuk selanjutnya dikibarkan di Pantai Corong. Sekitar pukul 10.16 WITA, bendera berhasil dinaikkan ke tiang, setelah sebelumnya diawali prosesi penaikan yang melibatkan 1000 personel TNI, Polri dan Pramuka.

Berjudul ‘Berkibarnya bendera kebangsaan Indonesia di Pantai Corong, Penajam Paser Utara dengan ukuran bendera 1000 M2 dan tinggi menara pionering 110 meter'. Pengibaran bendera raksasa ini tercatat memecahkan rekor dunia versi Record Holder Republic (RHR) yang berkantor pusat di New York, Amerika Serikat. Piagam rekor dunia RHR diserahkan oleh Lia Mutiasari (RHR Adjudicator) kepada Wakil Bupati PPU, Mustaqim MZ. Dengan keberhasilan memecahkan rekor dunia, diharapkan ini dapat terus memotivasi dan menjadi inspirasi bagi Pramuka Indonesia untuk terus berkarya.

Rekor ini sekaligus memecahkan rekor sebelumnya di kategori yang sama pada 2013 silam di Balikpapan, dengan ketinggian tiang pionering bambu sekitar 53 meter. Dan hebatnya, rekor ini juga berhasil mengalahkan tinggi pionering bendera di Amerika Serikat sekitar 40 meter dan Malaysia sekitar 68 meter beberapa tahun lalu.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Bendera Raksasa dibawa oleh Pramuka (© beritapenajam.net)
Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Pengangkatan Bendera dari dasar laut (© seruindonesia.com)
Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Berkibarnya Bendera Raksasa di Penajam (© klikpenajam.com)


Sumber: kaltim.tribunnews.com | kaltim.antaranews.com

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Vocademia UI Membawa Pulang Medali Emas di Ajang Musik Internasional Sebelummnya

Vocademia UI Membawa Pulang Medali Emas di Ajang Musik Internasional

Tok! Provinsi ini Diputuskan akan Menjadi Lokasi Baru Ibukota Negara Selanjutnya

Tok! Provinsi ini Diputuskan akan Menjadi Lokasi Baru Ibukota Negara

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.