Selamat ! Kota Ini Jadi Kota Terbaik Global Green City Dunia

Selamat ! Kota Ini Jadi Kota Terbaik Global Green City Dunia
info gambar utama

Dalam acara Forum Global Tentang Pemukiman dan Kota Berkelanjutan di Millenium Hotel United Nation, New York, akhir Oktober baru lalu membawa kabar baik bagi Indonesia. Kota Surabaya, bersama dengan kota Maanheim (Jerman) dan Zheijang Province (China) mendapat kehormatan terpilih sebagai tiga kota terbaik dunia untuk kategori "Global Green City" dalam acara tersebut seperti yang dilansir dari voa indonesia.

sumber foto : https://kreatifcamp.com/jasa-drone-aerial/
info gambar

Pejabat Program Urusan Antar Pemerintah, Program Lingkungan Hidup PBB New York, Mara Angelica Murillo-Correa, mengatakan bahwa PBB percaya memukimkan manusia dalam kota adalah bagian dari solusi. Namun kota yang dimaksud haruslah memiliki inovasi yang dapat memberi peluang bagi semua pihak guna membangun suatu sistem ekonomi yang berpihak pada semua lapisan masyarakat (swasta dan pemerintah). Upaya itu dilakukan dengan menggandeng sekaligus melibatkan semua ekosistem yang ada sehingga mudah untuk menumbuhkan partisipasi dalam memperkecil kesenjangan.

Penghargaan ini diberikan oleh GFHS (Global Forum of Human Settlements) setelah melalui serangkaian indikator, kriteria, dan evaluasi yang ketat. Komite pakar yang berwenang dan indenpenden lalu melakukan penilaian terhadap 23 proyek yang ada sepanjang 2017. Sekjen Forum Global untuk Pemukiman Manusia, Lu Haifeng mengatakan, Habitat III PBB mengidentifikasi bahwa tata kelola kota yang inovatif, terencana dan pengembangan tata ruang yang efektif, dua kunci penting mencapai tujuan kota dan manusia yang berkelanjutan.

Forum tahunan ke-12 ini, kembali mengadakan kompetisi tahunan "The World Cities Day" atau Pemilihan kota-kota terbaik di dunia yang dinilai mempunyai komitmen yang kuat untuk membangun pemukiman berkelanjutan yang ramah lingkungan. Penghargaan untuk kota Surabaya, diterima langsung oleh Walikota Surabaya, ibu Tri Rismaharini (Risma) yang diundang khusus untuk hadir dan berbicara di forum ini.

sumber foto : suara merdeka
info gambar

"Penghargaan ini luar biasa, ini hasil kerja keras seluruh komponen dan stakehoders yang ada di kota Surabaya. Ternyata kerja karas ini membuahkan karya terbaik untuk Indonesia. Tujuan kita memang bukan untuk mendapatkan penghargaan, tujuan kita adalah untuk memperbaiki kualitas lingkungan di Surabaya agar bisa lebih baik lagi," kata ibu Risma kepada voa indonesia sesaat setelah menerima penghargaan.

Forum dan penghargaan ini diselenggarakan oleh United Nation Environment Program atau Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk program lingkungan bekerjasama dengan Kantor Perwakilan Tetap Gambia dan Organisasi Forum Global tentang Pemukiman dan Kota Berkelanjutan. Acara tersebut dihadiri sekitar 200 tamu yang terdiri dari para gubernur, walikota, perwakilan daerah dan pengusaha dari berbagai kota seluruh dunia.

sumber foto : detik News
info gambar

Sementara itu kota Paris (Perancis), Santa Monica (Amerika) dan River State (Nigeria) serta beberapa kota dari China mendapatkan penghargaan untuk berbagai kategori seperti pembangunan komunitas, bisnis dan perencanaan urban. Selamat untuk Kota Surabaya, dan kita berharap semakin banyak kota lain di Indonesia melakukan pengembangan tata ruang yang efektif dan menjadi kota yang lebih baik.


Sumber: voa indonesia | pressreader.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini