Jambore Bebas Sampah 2020 merupakan bagian dari usaha jangka panjang yang menjadi wadah berkumpulnya seluruh Penggerak yang peduli terhadap persoalan sampah di Indonesia demi tercapainya pengelolaan sampah yang berkelanjutan. Untuk pertama kalinya Jambore Bebas Sampah 2020 dilaksanakan pada tanggal 2-4 September 2016 di Kota Solo, saat itu terkumpul 374 relawan dari 22 Provinsi di Indonesia.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Hasil pertemuan relawan di Kota solo berhasil menghasilkan 13 isu persampahan yang menjadi rekomendasi bersama untuk pengelolaan sampah di Indonesia, 13 isu tersebut diantaranya:

  1. Pendidikan
  2. Sampah Organik
  3. Gerakan dan Kampanye
  4. Pengelolaan Sampah Wilayah Terluar
  5. Pengelolaan Sampah dari Hulu ke Hilir
  6. Sampah Bercecer
  7. Scale Sustainability
  8. Peraturan
  9. Sampah An-Organik
  10. Strategi Pengurangan Sampah di Sungai, Laut, Gunung dan Daratan
  11. Teknologi
  12. Kepemimpinan dan Kelembagaan
  13. Isu Pembiayaaan

Pada Tahun ini, Jambore Bebas Sampah 2020 kembali akan dilaksanakan tanggal 10-12 November 2017 di Hutan Kota Tibang, Banda Aceh. Hutan Kota Tibang ini memiliki sejarah yang cukup unik, daerah yang sebelumnya lahan rawa ini disulap menjadi sebuah Hutan di tengah Kota. Lokasi ini dibangun mulai dari kondisi tak ada hutan eksisiting, lahan yang digunakan adalah lahan terbuka dan rusak karena hantaman bencana Tsunami. Sejak dibebaskan oleh Pemko Banda Aceh lahan ini tak produktif. Sebagian besar tanah adalah tanah urugan sehingga diperkirakan tak memiliki nutrisi dan unsur hara yang baik.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Seluruh elemen masyarakat dan penggiat persampahan sangat diharapkan bisa berpartisipasi dalam Jambore Bebas Sampah Tahun 2017, karena permasalahan lingkungan di Indonesia perlu didiskusikan dan gerakan bersama untuk mencari solusinya. Volume sampah di Indonesia terus bertambah akibat dari kebutuhan dan aktivitas manusia, inilah yang akan menjadi sasaran diskusi dalam Jambore Bebas Sampah 2020. Berikut ini beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan selama Jambore Bebas Sampah:

  1. Diskusi dengan pemangku kepentingan.
  2. Diskusi bersama dengan seluruh pegiat lingkungan se Indonesia
  3. Malam Kebersamaan dengan seluruh pegiat lingkungan se Indonesia
  4. Laporan HPSN 2017
  5. Peluncuran Green Pages Indonesia
  6. Wisata kearifan lokal

Setiap peserta yang ingin mengikuti jambore akan diseleksi terlebih dahulu, hal ini dilakukan dengan harapan para peserta yang telah mengikuti jambore dapat mengajak dan melakukan gerakan untuk Indonesia #BebasSampah2020 dengan nyata dan bersama-sama, maka demikian acara ini dikhususkan bagi para pengiat yang peduli dan memiliki komitmen bergerak.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Berikut syarat-syarat yang harus dipenuhi peserta yang ingin ikut terlibat dalam jambore Bebas Sampah 2020:

  1. Usia diatas 17 Tahun
  2. Merupakan penggiat (berkontribusi) dalam isu lingkungan dari segala aspek (Aktivitas, Jurnalisme, Publikasi, Gerakan, dll)
  3. Individu atau mewakili komunitas atau instansi.
  4. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 400.000,-

Adapun alur Proses pendaftaran, sebagai berikut :

  1. Mengisi formulir pendaftaran di bawah ini
  2. Setelah proses pengisian selesai, calon peserta akan menerima  notifikasi di alamat email yang dicantumkan pada saat pengisian formulir pendaftaran.
  3. Berdasarkan data-data yang dikirimkan, panitia akan melakukan seleksi.
  4. Bagi calon peserta yang lolos seleksi, akan menerima email notifikasi yang menerangkan bahwa telah lolos seleksi sekaligus informasi lanjutan mengenai prosedur pembayaran biaya pendaftaran.
  5. Bagi peserta yang telah melakukan pembayaran wajib untuk mengisi Form Konfirmasi Pembayaran.
  6. Setelah pembayaran terkonfirmasi, perserta akan menerima email berisikan e-Tiket sebagai bukti resmi sudah tercatat sebagai peserta yang wajib ditunjukan kepada panitia pada saat registrasi di lokasi kegiatan untuk ditukarkan dengan ID Card.

Selama dalam proses seleksi, calon peserta tidak dipungut biaya apapun.Pastikan alamat email yang didaftarkan adalah alamat email aktif, karena semua konfirmasi dan notifikasi akan menggunakan alamat tersebut.Jadi, sudah siapkah kamu menjadi bagian dari Indonesia Bebas Sampah 2020?

Ikuti perkembangan informasi terbaru nya di media sosial:
 

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu