Yuk Ikut Jambore Nasional #BebasSampah2020 Tahun 2017

Yuk Ikut Jambore Nasional #BebasSampah2020 Tahun 2017
info gambar utama
Jambore #BebasSampah2020 tahun 2017 merupakan kegiatan kedua berskala Nasional yang dijadikan momentum strategis berkumpulnya seluruh pegiat yang peduli terhadap persoalan persampahan di Indonesia demi terwujudnya kekuatan bersama untuk menciptakan berbagai solusi pengelolaan sampah yang berkelanjutan.
Kegiatan yang akan dilaksanakan pada 10-12 November 2017 di Banda Aceh ini merupakan bagian dari rangkaian Gerakan Indonesia #BebasSampah2020 yang sebelumnya telah sukses dilaksanakan di Kota Solo, Jawa Tengah, pada 2-4 September 2016 dan dihadiri oleh 234 peserta dari 22 provinsi di Indonesia.
Banda Aceh sebagai tuan rumah pelaksanaan Jambore tahun ini telah mendapatkan 9 penghargaan Adipura, kota ini juga dikenal sebagai salah satu kota yang menerapkan pengelolaan sampah dengan sistem Waste Collecting Point (WCP) yakni sistem pengelolaan sampah pada sumbernya yang dilakukan secara mandiri oleh warga desa dengan jumlah anggota 20-30 rumah tangga untuk satu fasilitas WCP.
Kegiatan utama yang akan dilakukan pada Jambore #BebasSampah2020 di Aceh diantaranya: Forum Lintas Pemangku Kepentingan dan Para Pakar, Diskusi Road Map Percepatan Menuju Indonesia #BebasSampah2020, Persiapan Hari Peduli Sampah Nasional 2018, serta Rencana Aksi Tindak Lanjut.
Sedangkan untuk aktivitas tambahan diantaranya jelajah kearifan lokal, malam kebersamaan dan penganugerahan, hiburan, konferensi pers, kerja bakti dan bakti sosial, laporan HPSN 2017, peluncuran Green Pages 2017, serta yang terakhir pengajuan tuan rumah untuk Jambore#BebasSampah2020 Tahun 2018.
Tahun ini panitia menargetkan 1.000 orang partisipan baik peserta, pengisi acara, maupun relawan kegiatan. Dengan estimasi peserta 3 orang perwakilan dari setiap kota/kabupaten di Indonesia.
Dan seperti tahun sebelumnya, Jambore #BebasSampah2020 ditujukan bagi seluruh kalangan pegiat persampahan terutama yang mewakili 5 aktor perubahan seperti masyarakat sipil, pemerintah, swasta, media, dan tokoh masyarakat, baik secara individu maupun perwakilan dari komunitas/lembaganya masing-masing dengan terlebih dahulu mendaftarkan diri secara online melalui link ini: bit.ly/DaftarJamboreBIBS2017
Setelah mendaftar, panitia akan mengirimkan dokumen yang berisi rincian rangkaian kegiatan dan template proposal fundraising yang dapat digunakan sebagai bekal rekan-rekan calon peserta dalam pencarian dana atau sponsor.
Jambore #BebasSampah2020 menjadi sangat penting karena kegiatan ini dapat memberikan berbagai manfaat, antara lain: pertama, sebagai forum komunikasi Nasional untuk menjaga semangat dan mempererat tali silahturahmi antar kolaborator yang peduli terhadap isu persampahan dari seluruh Indonesia.
Kedua, mendata dan mengaktivasi titik-titik penggiat di masing-masing wilayah agar memiliki pesan yang sama. Ketiga, sebagai sarana pertukaran informasi, pengalaman, pembelajaran dalam mengatur rencana aksi bersama untuk percepatan pengelolaan persampahan di Indonesia.
Keempat, adanya keterlibatan aktif dalam menindaklanjuti, mewujudkan dan mengawal rumusan 13 Isu Persampahan dalam Jambore #BebasSampah2020 lalu dan Deklarasi Indonesia Bebas Sampah 2020. Kelima, mensosialisasikan penggunaan platform https://BebasSampah.ID dan https://bergerak.bebassampah.ID yang dapat diakses oleh publik.
Ikuti perkembangan informasi terbaru nya di media sosial:

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini