Hebat! Santri Blitar Berhasil Bawa 5 Medali Dari Osaka Robotic Games 2017

Hebat! Santri Blitar Berhasil Bawa 5 Medali Dari Osaka Robotic Games 2017

Santri Tim Osaka Robotic Games 2017 © antarafoto.com

Kabar membanggakan hadir kembali oleh empat santri dari Pondok Pesantren Mambaus Sholihin, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Berhasil menyabet lima medali sekaligus, yakni satu medali emas, tiga medali perak dan satu medali perunggu, pada kontes internasional, Osaka Robotic Games 2017 yang berlangsung pada 28 Oktober sampai 2 November lalu di Osaka, Jepang. Adalah Moh Gymnastiar, Noval Hanif, Bahrul Bahria dan Farhan Habibi.

Empat robotic hasil rakitan para santri ini masing-masing dua robot line follower mikro dan dua robot soccer. Bahkan salah-satu santri yakni Moh Gymnastiar yang turun di dua kategori berhasil meraih medali emas dalam kategori sumo racing dan medali perak kategori mazesolving. Sementara santri lainnya Noval Hanif juara dua sumo racing dan juara tiga kategori soccer. Bahrul dan Farhan meraih medali perak dalam kategori soccer beregu.

Para santri tidak menemui kesulitan saat pelaksanaan lomba, mengingat persiapan perlombaan ini telah dilakukan sejak 4 bulan yang lalu. Tim robotik Mambaus Sholihin juga sudah terbiasa mengikuti kontes yang serupa. Sebelumnya, mereka juga menyabet berbagai juara untuk event skala Internasional di Singapura dan Malaysia.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Santri Tim Osaka Robotic Games 2017 (© news.detik.com)
Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Robot Santri (© images.detik.com)

Kembalinya mereka ke Blitar, mendapat sambutan kehormatan dari Bupati Blitar, Rijanto. Bangga dengan keberhasilan para santri yang mampu membawa nama harum Indonesia, khususnya Kabupaten Blitar di kancah internasional. Pembina tim robotik Mambaus Sholihin, Armin Irawan menyatakan bahwa program robot yang dibuat oleh siswa binaannya telah disetting dengan tepat. Ini menjadi keunggulannya mengingat salah satu kriteria penilaian kompetisi ini adalah robot harus bisa menyelesaikan track serta kecepatannya.

Mohammad Gymnstiar, salah seorang pelajar yang ikut kontes robot, mengaku bangga bisa mempersembahkan kemampuan terbaik dalam kontes. Dengan semakin menguatnya prestasi tingkat internasional yang dihasilkan oleh anak-anak bangsa ini, pemerintah harus semakin mengawal perkembangan potensi untuk memotivasi anak bangsa lainnya serta kemajuan bersama di bidang teknologi.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Salah Satu Santri Tim Osaka Robotic Games 2017 (© antarajatim.com)


Sumber: news.detik.com | nasional.tempo.co

Pilih BanggaBangga60%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau40%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Kearifan Lokal (yang Harusnya) Lintas Generasi Sebelummnya

Kearifan Lokal (yang Harusnya) Lintas Generasi

Parodi Lagu Viral ini Kreatif. Yuk, Dilihat Dari Sisi Positifnya! Selanjutnya

Parodi Lagu Viral ini Kreatif. Yuk, Dilihat Dari Sisi Positifnya!

Rizkia Yulianti
@rizkyuliant

Rizkia Yulianti

banyak peran dibalik layar

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.