Wow! Grup Danadyaksa Budaya Meraih Dua Penghargaan di Ajang Festival Folklore Bergengsi Dunia

Wow! Grup Danadyaksa Budaya Meraih Dua Penghargaan di Ajang Festival Folklore Bergengsi Dunia

penampilan memukau dari anak-anak SMP Labschool Cibubur di Austria dan Praha pada ajang folklore internasional © dokumentasi danadyaksa budaya

Kawan GNFI mendapat kabar baik dari Grup Danadyaksa Budaya yang berhasil membawa pulang kemenangan di festival folklore bergengsi dunia yang diselenggarakan di dua negara, Austria dan Ceko. Kali ini, penghargaan bergengsi berhasil diraih oleh grup seni dan musik tradisi Danadyaksa Budaya SMP Labschool Cibubur pada acara Grand Festival Magic of Bridges Vienna and Prague 2017 pada 30 Oktober – 2 November 2017. Penghargaan yang diraih adalah Laureat 1 Award dan Diplom Laureat 1 Award (Juara Pertama) untuk kategori usia 12-14 tahun.

potret wajah tim dari Indonesia setelah menerima penghargaan | dokumenter dari danadyaksa budaya
potret wajah tim dari Indonesia setelah menerima penghargaan | dokumentasi dari danadyaksa budaya

Tim terdiri dari komposisi 34 penari dan 7 orang pemusik beserta tim pedamping dan pelatih. Grup Danadyaksa Budaya memukau dewan juri dan para penonton di kota Wina dan kota Praha dengan menampilkan 3 nomor tarian, yaitu Tari Ratoh Jaroe (Aceh), Tari Jatilan (Jawa Timur) dan Tari Rebana (Jambi). Di kompetisi internasional ini, pesertanya sebanyak 59 group dari 15 negara berbeda, diantaranya ada yang berasal dari India, Malaysia, Ukraina, Bulgaria, Rusia, Iran, Kazakstan, Georgia, Slovakia, Austria, Ceko dan Indonesia.

Salah satu perwakilan peserta yang juga turut berkompetisi, Svitlana yang berasal dari Ukraina, meyampaikan kekagumannya pada keunikan dan keindahaan seni tari dan musik tradisi yang dimiliki Indonesia. Svitlana berharap suatu hari nanti dapat berkunjung ke Indonesia dan mempelajari adat istiadat dan budaya Indonesia.

ketika menampilkan tari Jatilan | dokumentasi danadyaksa budaya
ketika menampilkan tari Jatilan | dokumentasi danadyaksa budaya

Selain mengikuti kompetisi yang diadakan di dua negara tersebut, Grup Danadyaksa Budaya juga turut berpartisipasi menampilkan tari tradisi nusantara dalam acara Indonesia Day yang diadakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Praha yang diselenggarakan di Royal Theatre Prague, 3 November 2017, dan dihadiri oleh perwakilan dari kedutaan besar negara-negara sahabat dan tamu penting lainnya. Duta Besar Republik Indonesia untuk Ceko, DR. Aulia A. Rachman, dalam sambutannya pada acara Indonesian Day tersebut menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada grup Danadyaksa Budaya.

“Selamat kepada Tim Danadyaksa Budaya atas prestasi yang diraih. Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas peran sertanya dalam mempromosikan kebudayaan Indonesia di Ceko,” ucap Dubes Aulia Rachman dalam sambutannya. Sekali lagi, Indonesia melalui festival bergengsi ini membawa misi tidak hanya prestasi tetapi juga persahabatan dan pesan persatuan.

Pilih BanggaBangga83%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi17%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Indonesia Bakal Jadi Pusat Ekonomi Syariah Dunia Tahun 2024 Sebelummnya

Indonesia Bakal Jadi Pusat Ekonomi Syariah Dunia Tahun 2024

Akan Ada yang Baru di Jembatan Suramadu! Selanjutnya

Akan Ada yang Baru di Jembatan Suramadu!

Julian Alsen
@julian

Julian Alsen

Hadapi & Menangkan

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.