16 Maskapai Dengan Livery Terbaik 2017 dari Seluruh Dunia

16 Maskapai Dengan Livery Terbaik 2017 dari Seluruh Dunia
info gambar utama

Tidak hanya maskapai penerbangan dan pesawat terbangnya saja yang berevolusi, livery atau desain eksteriornya termasuk warna cat dan logo pun tidak mau kalah turut berevolusi.

Destinasi penerbangan yang membuat armada pesawat terbang melintasi belahan dunia, memunculkan konsep desain eksterior yang tidak hanya merepresentasikan perusahaan dimana penerbangan tersebut beroperasi tapi juga sebagai representasi dari negara asal penerbangan tersebut.

Desain livery maskapai penerbangan yang bagus mampu menyampaikan nilai atau etos budaya dari maskapai tersebut dalam skema warna yang menarik dan efektif bagi siapapun yang melihatnya .

Setelah mengumpulkan testimoni dari berbagai penjuru, berikut daftar 16 maskapai dengan desain eksterior yang luar biasa. (Catatan, tidak disusun sesuai peringkat)

16. Wow Air (Islandia)

Sejak pertama kali beroperasi di tahun 2014, WOW telah dikenal dengan harganya yang terjangkau. Meskipun begitu, warna cat fuchsia terang dari pesawat maskapai dengan harga sangat terjangkau asal Islandia ini terbukti mampu menarik perhatian.

WOW Air | cntraveler.com
info gambar
  1. Malaysia Airlines

Meskipun masa depan armada A380 masih belum jelas, livery biru dan putihnya tidak terelakkan indahnya.

Malaysia Airline | themalaymailonline.com
info gambar
  1. Etihad (Abu Dhabi, UEA)

10 tahun terakhir, Etihad telah menjadi sebuah penerbangan besar dunia dan salah satu dari tiga maskapai besar di Teluk Persia. Cat dengan skema berpasir dengan bentuk geometrik penuh warna milik maskapai asal Abu Dhabi ini merepresentasikan bukit pasir yang bergeser mengelilingi emirat.

Etihad Abu Dhabi | The Branding Journal
info gambar
  1. Virgin Atlantic (Inggris)

Sama seperti perusahaan Virgin grup lainnya, Virgin Atlantic memiliki signature perusahaan milik Richard Branson. Meskipun telah hadir untuk beberapa dekade, desain tersebut masih terlihat modern dan bergaya persis seperti saat pertama kali diluncurkan.

Virgin Atlantic | airlines-inform.com
info gambar
  1. Garuda Indonesia

Anda perlu berpergian di atas kepulauan Indonesia di hari yang cerah untuk menyadari bagaimana nada hijau dan biru dari perairan Indonesia direfleksikan pada desain Garuda Indonesia sebagai identitas. Sangat cocok sekali.

Garuda Indonesia | Garuda Indonesia
info gambar
  1. Swissair (Swiss)

Desain merah dan putih milik Swiss Internasional yang sangat bersahaja.

Swiss Air | TripAdvisor
info gambar
  1. Fiji Airways (Fiji)

Sebagai maskapai nasional Fiji, desain tribalnya merepresentasikan kekayaan budaya asli dari pulau Fiji.

Fiji Airways | skift.com
info gambar
  1. Kulula (Afrika Selatan)

Maskapai dengan harga terjangkau milik Afrika Selatan ini telah memiliki reputasi yang menarik dalam hal livery, karya terbaiknya sejauh ini adalah ‘Flying 101’ dengan desain yang berperan sebagai alat pembelajaran bagi siapapun yang tertarik pada bagian lain dari pesawat.

Kulula | South Africa Travel Online
info gambar
  1. Air Seychelles (Republik Seychelles)

Air Seychelles merupakan maskapai penerbangan nasional sebuah pulau kecil yang terletak di lepas pantai Afrika. Desain menakjubkannya terdiri dari sepasang burung beterbangan di atas lautan warna tropis.

Air Seychelles | airlinecustomercare.com
info gambar

7. Hawaiian Airlines (Amerika)

Setelah 40 tahun didirikan, ciri khas logo ‘Pualani’ (Bunga langit) masih menjadi hal terindah dan pembeda terhadap maskapai ini.

Hawaiian Airlines | USA Today
Hawaiian Airlines | USA Today

6. Qantas (Australia)

Ikon ‘Roo’ milik Qantas telah menjadi bagian sejak Oktober 1944, dan telah melalui beberapa perubahan, termasuk ‘kangguru bersayap’ hasil desain Gert Sellheim yang terkenal. Namun sejak 1984, desainnya tidak memiliki perubahan ekstrim. Ekor pesawat berwarna merah dengan siluet Roo berwarna putih dan logo QANTAS yang tebal merupakan kombinasi yang cocok untuk maskapai tersebut.

Qantas | traveller.com.au
info gambar

5. Air New Zealand (Selandia Baru)

Pakis berwarna hitam merupakan desain yang sangat bagus. Dengan menampilkan Koru, desain hitam putih baru ini menambah kesempurnaan dan warna hitam penuhnya merupakan hal terbaik dibandingkan dengan dua desain lainnya di armada Air New Zealand.

Air New Zealand | stuff.co.nz
info gambar

4. American Airlines (Amerika)

Pesawat bersinar, dipoles, tanpa cat milik Amerika ini sangat berbeda dengan maskapai kebanyakan. Rendisi abstrak dari bendera Amerika pada ekor pesawat juga merupakan aset visual yang mencolok dan dikenali untuk orang Amerika.

American Airlines | bernews.com
info gambar

3. British Airways (Inggris)

Sejak awal 2008, Speedmarque dan Union Jack telah menjadi gambar ikonik yang diasosiasikan dengan maskapai kelas premium.

British Airways | British Airways
info gambar

2. KLM (Belanda)

KLM baru saja memperbarui desainnya yang telah lama tidak pernah diperbaharui dalam beberapa dekade terakhir. Lamanya penggunaan desain sebelumnya dengan duotone biru dan warna putih yang ikonik menghias badan pesawat, membuat KLM dengan mudah dikenali di seluruh dunia. Perubahan terbaru, dengan garis di bagian depan pesawat, menambahkan sentuhan modern kepada armada satu ini.

KLM | Plane Finder
info gambar

1. Iceland Air (Islandia)

Tidak hanya desain Hekla Aurora pada eksteriornya namun juga penerangan didalam pesawat yang dibuat mirip dengan Aurora membuat Boeing 757 milik Iceland Air sangat impresif.

Icelandic Air | Kayak
Iceland Air | Kayak


Sumber: seasia.co

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini