Ajang Lirik Potensi Startup Digital Anak Bangsa

Ajang Lirik Potensi Startup Digital Anak Bangsa
info gambar utama

Untuk memberdayakan pengalaman dan network dalam industri IT mendukung generasi muda Indonesia meningkatkan semangat dalam berkarya hingga menjadi bangsa yang modern dan berteknologi tinggi. D~NET dalam memasuki perjalanannya yang ke-20 tahun menyelenggarakan ID.Connect berkolaborasi dengan Express Wi-Fi by Facebook, bertempat di Convention Hall Tunjungan Plaza 3 lantai 6, Surabaya pada 19 November 2017.

Caroline Gondokusumo, selaku CEO dan founder PT Dutakom Wibawa Putra menyatakan tema ID.Connect kali ini yakni “Hello Digital Inspiration”, mengajak untuk jeli dalam mengamati permasalahan sosial dan menemukan solusi, mengkonsep dan membangun ide bisnis melalui teknologi digital. Hadir sederet narasumber untuk berbagi inspirasi dan pengetahuan pada bidangnya masing-masing, diantaranya ada Gaurav Girotra (Business Development Manager Facebook), Akhyari Hananto (Founder Good News From Indonesia), Andika Kurniantoro (Infrastructure Specialist KURIO) dan Seto Loreno (Co-founder Binar Academy).

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
info gambar
Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
info gambar

Event ini juga mengadakan kompetisi start-up, MataKota terpilih menjadi juara. Merupakan startup buatan sekelompok anak muda di Surabaya. Tony Susanto selaku founder, menuturkan bahwa MataKota sudah digarap sejak November 2016, dan memiliki 6 fitur unggulan, meliputi laporan lalu lintas, bencana, kriminal, kebakaran, sosial, dan perlindungan anak.

Saat ini Matakota juga bekerjasama dengan LPAI (Lembaga Perlindungan Anak Indonesia) dalam hal child protection (perlindungan anak), untuk mencegah adanya kekerasan terhadap anak yang saat ini marak diberitakan. Sehingga, jika ada laporan kekerasan terhadap anak akan ditindaklanjuti LPAI.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
info gambar

Memiliki fitur utama, yakni panic button. Fitur utama ini berfungsi untuk mendapatkan respon cepat dari masyarakat sekitar maupun instansi terkait yang dekat dengan lokasi kejadian. Untuk menghindari laporan palsu, panic button hanya bisa digunakan oleh pengguna yang sudah terverifikasi berdasarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Akun yang belum terverifikasi hanya bisa menggunakan fitur pelaporan serta beberapa informasi penting lainnya yang ada di aplikasi.

Inovasi Matakota tak hanya itu. Fitur unggulan lain yang membuat setiap masyarakat wajib menginstall aplikasi Matakota adalah fitur ‘Lost & Found’, yang berfungsi sebagai pelacak barang yang hilang berdasarkan community, yang membutuhkan bluetooth dan GPS (Global Positioning System) untuk menemukan barang itu.

Guna mengembangkan berbagai macam startup karya anak bangsa, maka ID.Connect juga bertujuan untuk memfasilitasi para digital start up agar dapat mengembangkan entrepreneurship skill, membagikan informasi mengenai produk & layanan ke target market, saling bertukar pengetahuan dalam perkembangan teknologi terbaru, dan ajang untuk bertemu dengan investor.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
info gambar
Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
info gambar

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini