Bring History to Life

Bring History to Life

Keterangan Gambar Utama © Akhir Pekan di Museum

Tak dapat dipungkiri bahwa kesadaran masyarakat kita akan sejarah masih kurang tetapi bagi kita yang pecinta sejarah tak boleh berkecil hati untuk terus menyebarkan semangat cinta sejarah, khususnya kepada generasi muda. Salah satu upaya yang dilakukan untuk menebarkan semangat ini adalah dengan rutin berkunjung ke museum. Tapi masalahnya, kegiatan di museum sendiri dianggap membosankan sehingga museum-museum di Indonesia masih kekurangan pengunjung.

Oleh karena itu, pada 2013 Museum Nasional bekerjasama dengan Dapoer Dongeng Noesantara dan Teater Koma mengadakan sebuah program bernama Akhir Pekan @Museum untuk menarik lebih banyak pengunjung agar tertarik datang ke museum sekaligus mengkampanyekan semangat cinta sejarah, khususnya kepada anak-anak sebagai generasi penerus bangsa Indonesia. Program ini berbentuk sebuah pentas teater di akhir pekan yang berdasar pada riset akademis terkait kasus-kasus dalam sejarah Nusantara sehingga pengunjung diharapkan dapat melihat atau bahkan merasakan bagaimana sejarah sangat berpengaruh bagi zaman now. Selain itu, usai pentas akan ada Jelajah Museum yang didampingi oleh guide museum sehingga kita bisa mendapatkan lebih banyak informasi tentang berbagai peninggalan yang ada di museum.

Berdasarkan catatan jumlah pengunjung di Museum Nasional, pada tahun 2009 hanya ada 170 ribu pengunjung. Kemudian setelah adanya program Akhir Pekan @Museum ini meningkat hingga 250 ribu pengunjung pada 2014. Hingga kini pengunjung ke Museum Nasional terus meningkat. Kemudian berdasarkan survey usai pentas, respon pengunjung sangat positif dan mendukung untuk terus dilanjutkan. Mantaps kan?

Oh ya, untuk informasi lebih lanjut, kawan-kawan bisa cek di:

fanpage Facebook: Akhir Pekan di Museum

Twitter: museum_weekend

Youtube: dapoerdongeng

Semoga kabar baik ini bisa menginspirasi museum-museum lainnya di seluruh Indonesia untuk terus berupaya menarik masyarakat agar datang ke museum sehingga kesadaran akan sejarah kita terus meningkat dan bangsa kita bisa semakin maju. Kita bisa melihat pada negara-negara maju seperti Jepang, Korea Selatan, Prancis dan negara maju lainnya, kesadaran sejarah wajib ditanamkan sejak dini melebihi pentingnya pelajaran eksak.

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah melupakan sejarah bangsanya sendiri"

~Bung Karno.


Sumber: jakartakita.com, museumnasional.or.id, kebudayaan.kemdikbud.go.id, lifestyle.bisnis.com

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Ajang Lirik Potensi Startup Digital Anak Bangsa Sebelummnya

Ajang Lirik Potensi Startup Digital Anak Bangsa

Bagaimana Nasib Ponsel Ilegal di Indonesia? Ini bocoran Aturan dari Kemenkominfo! Selanjutnya

Bagaimana Nasib Ponsel Ilegal di Indonesia? Ini bocoran Aturan dari Kemenkominfo!

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.