"Back to Future" because "Future is Now"

"Back to Future" because "Future is Now"
info gambar utama

Impian dan cita-cita adalah salah satu motivasi terkuat dalam diri individu, tanpa impian dan cita-cita seolah manusia berjalan tanpa arah, mengalir tanpa alur dan berusaha tanpa tujuan.

Pendidikan sejak dahulu sudah menjadi fokus perhatian pemerintah agar negara ini bisa menjadi negara yang memiliki anak bangsa yang mampu bersaing dengan negara lain dalam segi apapun.

Tak ingin hanya menjadi gerakan sekali waktu tanpa adanya tanggung jawab moral terhadap masyarakat begitulah yang diungkapkan salah satu program dari Indonesia Mengajar yakni Kelas Inspirasi Surabaya.

Sumber : Kelas Inspirasi Surabaya
info gambar

Dengan mengusung tema “Edukasi Interaktif dalam Era Digital”. Kelas Inspirasi Surabaya sebagai gerakan yang fokus mengenalkan alternatif impian dan cita-cita kepada anak-anak akan mengadakan sebuah pameran foto pendidikan dan berbagai pilihan acara menarik. Digelar pada tanggal 25-26 November 2017, di Grand City Mall Surabaya, tak kurang dari 200 anak-anak dari berbagai sekolah dasar negeri di Surabaya hadir dan turut mengisi acara.

Roadshow Inspirasi Surabaya mengambil konsep “Back To Future” untuk kegiatan keliling ke sekolah-sekolah yang pernah menjadi tempat Hari Inspirasi selama sebulan sejak 14 Oktober sampai 04 November 2017. Sedangkan tema “Future Is Now” diaplikasikan dalam agenda pameran foto, talkshow dan workshop di Grand City Mall dengan menghadirkan banyak inspirator serta praktisi pendidikan

"Kami percaya ini ibarat kepak sayap kupu-kupu. Jika satu kepakan saja sudah bisa memberi tornado inspirasi, bagaimana jika kami kepakkan bersama-sama? Akan lebih banyak inspirasi," ungkap Wira Nuryansah, koordinator acara Roadshow Inspirasi Surabaya.

Talkshow yang melibatkan guru dan orangtua juga dibarengi dengan adanya gelar pameran foto Kelas Inspirasi Surabaya sebagai apresiasi atas kerja para relawan selama Hari Inspirasi. Juga ada unjuk bakat dari adik-adik sekolah di antaranya tari remo, samroh, dll.

Ibarat seekor kupu-kupu, perubahan demi perubahan sejatinya diperlukan demi sebuah masa depan yang lebih baik. Filosofi itu lah yang sedang dilakukan oleh Kelas Inspirasi Surabaya. Mengajak satu demi satu anak bangsa, termasuk masyarakat luas, untuk terlibat melunasi janji kemerdekaan. Bahwa pendidikan layak adalah hak seluruh warga negara. Bahwa masa depan yang lebih baik bisa menjadi milik semua, dan untuk masa depan Indonesia yang lebih baik butuh kontribusi dari semua. Bukan hanya perkara satu orang ataupun satu golongan, tetapi kita semua.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini