Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta terpilih menjadi bandara terbaik (Best Airport of The Year) di Indonesia dalam ajang Bandara Award 2017 versi Majalah Bandara, mengungguli mengungguli 105 bandara lain di Indonesia. 

Bandara Award adalah penghargaan kepada para pengelola bandara di Indonesia dalam memberikan pelayanan kepada para pengguna bandara khususnya penumpang pesawat udara di bandara. Penyelenggaraan acara Bandara Award telah memasuki tahun ke-9. 

Ruang tunggu T3 Soetta | by Akhyari Hananto
Ruang tunggu T3 Soetta | by Akhyari Hananto

Ketua Penyelenggara Bandara Award 2017, Erwin Aminudin mengatakan Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta terpilih dari hasil survei penumpang karena dinilai memenuhi aspek-aspek penilaian yang diajukan. Menurutnya, Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta memiliki fasilitas-fasilitas dan pelayanan yang mendukung kebutuhan penumpang. 

Peserta Bandara Award 2017 sendiri dibagi tiga klasifikasi bandara berdasarkan unit pengelola, yakni di bawah pengelolaan PT. Angkasa Pura 1, PT. Angkasa Pura 2, dan Unit Pengelola Bandar Udara (UPBU) Kelas 1 hingga Kelas 3. 

Metode penilaian yang digunakan adalah pemeringkatan survei kepuasan penumpang pesawat di terminal bandara dan kunjungan serta panel dewan juri ke bandara-bandara bersangkutan. Surveinya sendiri dilakukan kepada 16.000 penumpang pesawat yang tersebar di 106 bandara seluruh Indonesia. 

Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Balikpapan | by Akhyari Hananto
Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Balikpapan | by Akhyari Hananto

Penilaian kategori bandara terbaik terbagi atas lima aspek yaitu akses dan informasi, keberangkatan dan kedatangan, kenyamanan terminal, fasilitas dan kemudahan, dan keseluruhan. 

Dilansir dari Kompas.com, terdapat 20 aspek penilaian meliputi pilihan transportasi umum di bandara, pusat informasi/pemandu penumpang, rambu-rambu petunjuk, monitor informasi penerbangan, panggilan penerbangan, antrean check in, kecepatan pemeriksaaan keamanan, pemeriksaaan imigrasi, kecepatan bagasi, sikap petugas keamanan, kebersihan terminal, kesejukan AC di ruang tunggu, ketersediaan tempat duduk, kebersihan toilet, dan aturan/ruang merokok.

Bandara Juanda, Surabaya | by Akhyari Hananto
Bandara Juanda, Surabaya | by Akhyari Hananto

Penilaian lainnya berdasarkan fasilitas ATM/Money Changer, Wi-Fi dan fasilitas internet, fasilitas hiburan dan bersantai, pilihan restoran/kafe dan pertokoan, musala (untuk muslim), peningkatan kecepatan pelayanan, kebersihan, fasilitas/gedung terminal, kepuasan umum, dan rekomendasi. 

Adapun di 2017 ini Bandara Soekarno-Hatta diprediksi akan melayani pergerakan penumpang sebanyak 62 juta penumpang hingga akhir tahun, dan estimasi total pergerakan penumpang di seluruh bandara yg dikelola AP2 menembus angka 100 juta pergerakan pada tahun 2017 ini.

Berikut daftar 10 bandara terbaik di Indonesia versi Majalah Bandara.

1. Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang

2. Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali

3. Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Balikpapan

4. Bandara Sultan Thaha, Jambi

5. Bandara Supadio, Kalimantan Barat

6. Bandara Sultan Hasanuddin, Sulawesi Selatan

7. Bandara Juanda, Surabaya, Jawa Timur

8. Bandara El Tari, Kupang, Nusa Tenggara Timur

9. Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Jawa Barat

10. Bandara Kualanamu, Medan, Sumatera Utara

Sumber : Kompas.com |  Merdeka.com | Republika.com | Suara Pembaruan

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu