Ini Dia Beberapa Manfaat Mengkonsumsi Tempe

Ini Dia Beberapa Manfaat Mengkonsumsi Tempe
info gambar utama

Makanan Ini banyak kita jumpai di pasar dan harga nya yang murah ini membuat orang orang indonesia mencintai makanan ini, Namun siapa sangka tempe banyak sekali manfaat nya, bahkan makanan khas dari indonesia ini sudah terkenal diseluruh dunia. Negara negara di eropa dan juga amerika sangat menyukai makanan ini terutama vegetarian yang ada di negara tersebut.

Namun taukah anda bahwa tempe meruakan hasil fermentasi yang berbahan dasar kedelai. Kemudian, dari hasil proses fermentasi inilah makanan ini memilki senyawa probiotik atau bakteri baik di dalamnya yang baik juga untuk kesehatan tubuh anda. Dari kandung tersebut makanan ini memilki banyak manfaat bagi kesehatan. Selain itu, makanan ini yang berbahan dasar kedelai juga tinggi akan kandungan protein di dalamnya. Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat dan khasiat tempe rebus ini, berikut inilah manfaatnya.

1. Menurunkan kolesterol

Khasiat tempe rebus yang pertama bisa membantu anda di dalam menurunkan kolesterol. Makanan ini memiliki kandungan protein yang berguna untuk menurunkan kolesterol jahat di dalam darah. sehinggah mampu untuk mencegah terjadinya penyumbantan pada pembuluh darah yang akan berakhir dengan penyakit jantung.

2. Sumber energi

Tempe rebus ini meruapakan makanan yang tepat sekali untuk program diet, karena di dalam makanan ini terkandnung senyawa vitamin b2 yang berfungsi dapat membantu prosees metabolisme energi di dalam tubuh. Maka dari itu, makanan ini juga dapat menjadi sumber energi yang baik.

3. Mencegah hipertensi

Kandungan yang ada di dalam tempe rebus ini mampu untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal ini terjadi karena senyawa magnesium di dalam makanan ini mampu mencegah terjadinya hipertensi serta mencegah terjadinya pembekuan darah.

4. Mencegah kanker

Tempe rebus memilki segudang senyawa salah satunya antioksidan, yang sejenis isoflavon membuat makanan ini memiliki khasiat dapat mencegah radikal bebas akibat polusi yang dapat pula memicu tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh. sehingga senyawa isoflavon tersebut dapat berfungsi untuk mencegah beberapa jenis penaykit kanker lainya.

5. Mencegah gejala menopause

Selain untuk mencegah kanker tempe rebus juga memilki beberapa manfaat lain salah satunya, mencegah gejala menopause. Senyawa isoflavon serta zat antioksidan di dalam makanan ini ternyata mampu untuk mencegah gejala menopause yang biasa terjadi pada kaum hawa. Kemudian, dengan adanya kandungan tersebut dapat berguna untuk mengatur estrogen.


Sumber: Khasiat.co.id | intisari.co.id

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini