Desa Semesta Bogor, Terbaik Kategori Desain Fasilitas Kesehatan Dunia

Desa Semesta Bogor, Terbaik Kategori Desain Fasilitas Kesehatan Dunia
info gambar utama

Pusat rehabilitasi filantropi Desa Semesta di Bogor yang dirancang Magi Design Studio meraih penghargaan terbaik. Dengan kategori Health-Future Projects Winner oleh World Architecture Festival (WAF) 2017 .

Seperti di lansir dari laman kompas.com , Desa Semesta adalah pusat rehabilitasi yang berfokus pada tahap akhir pemulihan kesehatan mental menyeluruh, dan fase transisi sosial sebelum pasien dinyatakan bugar.

Gambar rancangan Desa Semesta | foto kompas.com
info gambar

Organisasi nirlaba kemanusiaan ini bertujuan untuk mengenalkan secara bertahap pada pasien yang hampir sembuh total untuk tinggal dan bekerja di lingkungan masyarakat normal.

Sebelum fase ini, para pasien pernah terbengkalai di jalanan atau dikirim keluarga mereka ke Yayasan Semesta. Saat ini, pasien berasal dari berbagai latar belakang, kebanyakan adalah orang dewasa dan lansia.

Terletak di tengah pertanian manggis yang subur, Desa Semesta terdiri dari 2 lobi, 12 unit pasien, 2 unit perawat, unit medis, unit doa dan perpustakaan, aula serbaguna, dan area olah raga outdoor.

Desain Rancangan Desa Semesta, Bogor | foto kompas.com
info gambar

Desa Semesta ini menampung 96 pasien dan 8 perawat, dengan tambahan tenaga dokter, staf, dan relawan yang berkunjung dan siaga.

Berada di alam dengan tanah berkontur yang luas, pepohonan terpelihara baik tanpa mengorbankan arsitekturnya.

Kompleks pejalan kaki yang ramah dibuat berupa jembatan perforasi yang bisa dibongkar pasang untuk memungkinkan penyerapan air dan penetrasi cahaya ke area hijau di bawahnya.

Jembatan ini juga menghubungkan keseluruhan kompleks ke peternakan dan membentang ke pintu belakang.


Sumber: kompas.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini